Pengertian dan Fungsi Keamanan Komputer pada Jaringan

Apa yang dimaksud dengan Keamanan Komputer dalam jaringan?

Keamanan komputer atau Computer Security adalah sebuah cabang dari teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Dengan adanya Keamanan komputer ini bertujuan untuk melindungi data pada sistem komputer baik itu data user maupun data pada sistem komputer tersebut.

Keamanan komputer akan diterapkan pada masing-masing komputer dan perangkat lain yang terdapat dalam jaringan sehingga dapat membantu untuk melindungi dan mendeteksi ancaman yang akan masuk pada sebuah jaringan komputer.


Sistem keamanan komputer merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer. Penerapan computer security dalam kehidupan sehari-hari berguna sebagai penjaga sumber daya sistem agar tidak digunakan, modifikasi, interupsi, dan diganggu oleh orang yang tidak berwenang. Keamanan bisa diindentifikasikan dalam masalah teknis, manajerial, legalitas, dan politis. computer security akan membahas 2 hal penting yaitu Ancaman/Threats dan Kelemahan sistem/vulnerabillity.

Berikut adalah beberapa Definisi dari Keamanan Komputer menuru pada ahli:
  • Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa : “Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab”.
  • Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa : “Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer”.
Apa Fungsi dari Keamanan komputer dalam Jaringan?

Fungsi dari Keamanan Komputer dalam jaringan adalah melindungi komputer baik itu sumber daya maupun data (data user dan sistem) terhadap penipuan dan pencurian. Selain itu Keamanan komputer juga mampu mendeteksi ancaman yang yang akan masuk ke dalam sistem komputer.
Pengertian dan Fungsi Keamanan Komputer pada Jaringan Pengertian dan Fungsi Keamanan Komputer pada Jaringan Reviewed by Mujiono on 10:15 AM Rating: 5

6 comments:

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat :) kunjungi juga web saya :

    http://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/pengertian-keamanan-jaringan-dan.html

    ReplyDelete
  2. Terimakasih Artikel nya. Dan sangat bermanfaat bagi saya.....
    Kunjungi website kampus saya ya..
    https://www.atmaluhur.ac.id
    Saya adalah Riyan Apriando (1722500020)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih Artikel nya. Dan sangat bermanfaat bagi saya.....
    Kunjungi website kampus saya ya..
    https://www.atmaluhur.ac.id
    Saya adalah Riyan Apriando (1722500020)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih Artikel nya. Dan sangat bermanfaat bagi saya.....
    Kunjungi website kampus saya ya..
    https://www.atmaluhur.ac.id
    Saya adalah Riyan Apriando (1722500020)

    ReplyDelete
  5. Terimah kasih semoga bermanfaat untuk saya dan yg lain nya jgn lupa kunjungi website kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete
  6. haloo min.. artikelnya sangat bermanfaat banget.. oh iyaa saya Novita (1811500050) Mahasiswi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang.. minn mampir yahh ke website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id/

    ReplyDelete

Powered by Blogger.