Pengertian dan Fungsi WIFI pada Jaringan Komputer

Pengertian WIFI pada jaringan komputer

WIFI atau Wireless Fidelity merupakan media penghantar komunikasi pada jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. WIFI menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu sehingga transfer data dan program melalui jaringan ini bisa sangat cepat.

Umumnya WIFI digunakan untuk mentransfer internet ke pengguna, sehngga dengan adanya WIFI ini semua perangkat yang terhubung bisa terkoneksi dengan internet

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Hotspot Pada Jaringan Komputer


Fungsi WIFI pada jaringan komputer

WIFI berfungsi sebagai media komunikasi atar perangkat tanpa menggunakan kabel. WIFI ini juga bisa diibaratkan sebagai pengganti dari jaringan kabel. Dengan jaringan WIFI ini desain jaringan pada kantor atau tempat kerja menjadi lebih simpel dan praktis karena user tidak perlu menggunakan kabel sebagai media transmisi.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Wireless Card Pada Laptop

Manfaat WIFI pada jaringan Komputer

1. WiFi digunakan Untuk Koneksi Internet
Dengan menggunakan wifi kita bisa membagi akses internet dengan mudah dan praktis sehingga untuk bisa terkoneksi dengan internet pengguna cukup menyalakan perangkat WIFI pada perangkat mereka.

2. Berbagi file dan Folder
Dengan menggunakan jaringan wifi, perangkat dapat dengan mudah dalam bertukar data dan file secara aman

3. Sinkronisasi Handphone Tanpa USB
Dengan menggunakan wifi anda dapat menyambungkan handphone anda dengan laptop secara mudah dan tanpa menggunakan kabel atau USB, Anda cukup mengaktifkan wireless pada perangkat handphone anda.

4. Mencetak pada Printer
Dengan menggunakan wifi anda dapat mencetak data secara mudah dari laptop ke printer yang memiliki jaringan wifi. Anda tidak perlu repot - repot untuk menancapkan USB dari printer untuk sekedar mencetak dokumen anda.

5. Mentransfer Foto dan Video Dari Kamera Digital
Dengan menggunakan wifi setelah pengambilan gambar atau video anda dapat langsung mengirimkan hasilnya ke laptop selama masih tersambung wifi.
Pengertian dan Fungsi WIFI pada Jaringan Komputer Pengertian dan Fungsi WIFI pada Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 4:20 PM Rating: 5

11 comments:

  1. Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat :) Kunjungi juga web saya :

    https://salmantkj48.blogspot.co.id/2016/11/kelebihan-dan-kekurangan-wi-fi.html

    ReplyDelete
  2. Penjelasannya mudah dipahami gan.
    Butuh penjelasan lengkap tentan Wi-Fi, silahkan mampir ke https://www.jejakwaktu.com/wi-fi/

    ReplyDelete
  3. Artikel yang menarik gan, saya juga memiliki artikel serupa https://technoblitz.net/2019/01/pengertian-wifi-dan-fungsinya/ siapa tahu bisa untuk saling melengkapi. Kunjungi juga blog saya gan https://technoblitz.net , terima kasih.

    ReplyDelete
  4. The usefulness known as Media Access Control (MAC) address separating utilizes a PC's physical equipment. Every PC has its own one of a kind MAC address. Macintosh address sifting permits the system overseer to enter a rundown of MAC delivers that are permitted to impart on the system.asus router login

    ReplyDelete

Powered by Blogger.