Pengertian, Fungsi dan Tujuan Jaringan LAN pada Jaringan Komputer - Local Area Network

Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)

Local Area Network atau jaringan LAN adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai cakupan wilayah jaringan yang sangat kecil. cakupan wiyah jaringan lokal hanya meliputi jaringan kontor, jaringan lab komputer, jaringan di sekolah, jaringan di kampus, jaringan dirumah atau hanya satu gedung saja. Jaringan LAN biasanya akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu wilayah yang jaraknya berdekatan, misalnya komputer yang ada di ruang tata usaha dengan komputer yang ada di ruang kepala sekolah, atau menghubungkan beberapa komputer dalam 1 laboratorium sehingga perpindahan dan pertukaran data dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Baca Juga: Pengertian, Macam dan Fungsi Jaringan Komputer


Fungsi Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN atau jaringan lokal berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer dalam satu lokasi agar bisa terhubung satu sama lain sehingga akan memudahkan pertukaran data dan mempercepat proses kerja. Dengan adanya jaringan lan ini semua pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer mana saja, selain itu jaringan lan juga akan menghemat biaya karena perangkat yang ada pada jaringan LAN dapat digunakan secara bersama-sama dengan menggunakan teknik sharing misalnya sharing printer, sharing file dan lain-lain. Berikut adalah fungsi dan manfaat jaringan LAN:

  • Mempercepat proses pertukaran data dalam jaringan (sharing data)
  • Lebih hemat dan efisien karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan (misal: printer, server, dll)
  • Memungkinkan informasi dan data tetap up to date sehingga jika ada pembaruan data dalam jaringan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah

Baca Juga: Cara Membuat Jaringan Komputer

Tujuan jaringan LAN (Local Area Network)

Tujuan utama dalam jaringan lan adalah untuk menghubungkan dua komputer atau lebih dalam satu jaringan sehingga bisa bertukar informasi. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah tujuan dibangunnya jaringan LAN:

  • Menghubungkan antar komputer dalam satu wilayah / lokasi
  • Komunikasi antar komputer dan perangkat dalam jaringan
  • Resource Sharing / berbagi data dan program
  • Menghemat pembiayaan karena perangkat dapat digunakan secara bersama-sama dalam satu jaringan

Baca Juga: Pengertian jaringan Komputer Tanpa Kabel  - Wireless Network

Karakteristik Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi karena hanya dalam lingkup satu wilayah saja
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit (dalam kantor, kampus, sekolah atau rumah)
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi (tidak membutuhkan akses internet)

Prinsip Kerja Jaringan LAN (Local Area Network)

Prinsip Kerja LAN dapat diartikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung/lokasi, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri.Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN dibatasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkansemua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan. Kerjasama ini semakin berkembang dari hanya pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama. LAN yang umumnya menggunakan hub/switch, akan mengikuti prinsip kerja hub itu sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena hub hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu. Itulah diantara kelebihan dan kekurangan jaringan LAN

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Switch Pada Jaringan Komputer

Contoh jaringan LAN dan Implementasinya

  • Jaringan dilingkungan sekolah
  • Jaringan komputer dikantor
  • Jaringan Komputer di lingkungan kampus 


Pengertian, Fungsi dan Tujuan Jaringan LAN pada Jaringan Komputer - Local Area Network Pengertian, Fungsi dan Tujuan Jaringan LAN pada Jaringan Komputer - Local Area Network Reviewed by Mujiono on 1:04 PM Rating: 5

5 comments:

  1. Saya rasa setidaknya dengan mengenal jaringan LAN kita minimal jadi mengetahui salah satu jenis jaringan komputer. Dan sepertinya jaringan LAN juga merupakan jaringan yang paling mudah ditemukan contohnya pada kehidupan sehari-hari ya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.