Cara Memberi Password User pada Windows - Create Password Windows 7

Password user merupakan system security pada sistem operasi windows 7 yang digunakan untuk memberikan keamanan pada komputer sehingga tidak semua orang bisa mengakses komputer kita tanpa sepengatahuan dan atas ijin dari kita. Kebanyakan orang mengabaikan akan keamanan pada komputer mereka sehingga semua orang bisa membuka dan melihat data-data yang kita punya. Microsoft windows memberikan fasilitas ini bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada penggunanya meskipun kita tahu banya sistem operasi windows lebih rentan sistem securitynya dibandingkan sistem operasi berbasis linux.

User pada windows umumnya dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Administrator dan Standart User. User Administrator mempunyai peran yan sangat penting pada sistem operasi windows karena Administrator memiliki hak akses penuh pada sistem operasi. Untuk itu pemberian password user alangkah baiknya ditujukan pada User Administrator.

Untuk memberi password user pada sistem operasi windows sangatlah mudah, kita hanya perlu melakukan beberapa pengaturan pada control panel. Atau untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut untuk memberi password user pada windows:
  • Klik Start pada Windows kemudian pilih menu Control Panel
  • Selanjutnya akan muncul jendela Control Panel, Pada jendela ini kita akan dihadapkan pada menuAdjust Your Computer Settings. Pada jendela terdapat banyak menu seperti: System and Security, Network anda Internet, Hardware and Sound, Programs, User Accounts and Family Safety, Appearance and Personalization, Clock, Language and Region dan  Ease of Access. Untuk mengatur pengaturan user akun kita pilih menu User Accounts and Family Safety
  • Maka akan muncul jendela User Accounts and Family Safety, pada jendela ini pilih menu User Account.
  • Selanjutnya akan muncul jendela Make Changes to Your User Account. Pada jendel ini pilih Create a Password for Your Account untuk memberi password user pada windows.
  • Kemudian akan muncul jendela Create a Password for Your Account:
  • Isikan kolom New Password sesuai dengan keinginan anda
  • Masukkan ulang password anda pada kolom Confirm New Password
  • Selanjutnya klik menu Create Password
  • Pada kolom Type a Password Hint tidak perlu diisi karena kolom ini berfungsi untuk menampilkan peringatan dan keterangan setiap kali seseorang akan masuk ke komputer kita.
Tips:
  1. Usahakan password terdiri dari 6 s/d 10 karakter dengan perpaduan angka dan huruf.
  2. Gunakan juga perpaduan antara hruf besar dan huruf kecil.
  3. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti: tanggal lahir, nama anak, anama pacar, tanggal jadian, tanggal perkawinan maupun nama istri anda.
Cara Memberi Password User pada Windows - Create Password Windows 7 Cara Memberi Password User pada Windows - Create Password Windows 7 Reviewed by Mujiono on 8:20 PM Rating: 5

3 comments:

  1. terima kasih gan ,,,, sangat membantu sangat dalam mengamankan data komputer saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga tutorial komputer tentang Cara Memberi Password User pada Windows - Create Password Windows 7 dapat bermanfaat

      Delete

Powered by Blogger.