Cara Memaksimalkan Kerja Komputer dan Laptop

Apa yang menyebabkan komputer menjari lemot?

Komputer merupakan sebuah perangkat yang tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Peran dan fungsi dari komputer yang dapat memudahkan pekerjaan manusia membuat komputer menjadi kebutuhan yang pokok dalam melakukan pekerjaan.

Seiring kemajuan dari teknologi komputer dan teknologi informasi, sehingga memunculkan program dan aplikasi baru pada komputer yang dapat memudahkan kinerja manusia. Program - prgram tersebut memiliki ukuran dan kebutuhan media penyimpanan yang sangat besar seingga banyak penggunan yang mengeluhkan komputer mereka menjadi lemot setelah menginstall beberapa program baru.

Tips memaksimalkan kinerja komputer dan laptop agar tidak lemot.

Ketika kita hanya mempunyai komputer dengan spesifikasi minimal, maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar komputer kita bisa berjalan cepat dan optimal sehingga pekerjaan kita tidak akan terganggu karena komputer ngandat. Berikut adalah tips agar komputer tidak lemot:

1. Menhapus program yang tidak dibutuhkan

Langkah ini dilakukan ketika banyak program yang sudah terinstall pada komputer kita, akan tetapi program-program tersebut sudah lama tidak terpakai bahkan tidak pernah digunakan. Untuk itu untuk menghemat kapasitas media penyimpanan dan mengurangi kinerja RAM dan processor maka alangkah baiknya kita menghapus beberapa program yang sudah tidak terpakai.

2. Kurangi Shortcut pada layar Desktop

Ketika kita selesai melakukan installasi program dan aplikasi maka biasanya pasti ada tombol shortcut pada layar utama, Shortcut tersebut bertujuan untuk memudahkan mengakses aplikasi yang sudah terinstall. Akan tetapi perlu diingat bahwa ketika banya shortcut di layar utama maka kerja komputer akan sedikit lambat karena komputer harus meload data dari aplikasi tersebut.

3. Meminimalisir penggunaan Widget

Widget pada komputer dipasang untuk memperindah tampilan dari sebuah komputer. Akan tetapi Widget pada komputer akan memakan kapasitas RAM dan prosessor untuk menjalankannya, sehingga semakin banyak dan semakin berat kapasitas dari widget tersebut maka kerja komputer akan menjadi ebih lambat.

4. Melakukan Disk Clean Up

Disk Clean Up bertujuan untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai atau data dalam temporary file. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa temporary mereka sudah sangat banyak sehingga ukuranya mencapai beberapa giga. Untuk masuk ke temporary file masuk ke menu RUN kemudian ketikkan %temp%, kemudian hapus semua data yang ada pada temporary

5. Jangan menginstall program dengan fungsi yang sama

kebanyakan orang akan menginstall program yang merekan inginkan tanpa meperhitungkan bahwa ada program yang sejenis yang sudah terinstall pada komputer mereka. Contoh : google chrome dan mozilla firefox, maka jika pada komputer anda terinstall 2 program tersebut maka haruslah salah satu karena program tersebut memiliki fungsi yang sama.
Cara Memaksimalkan Kerja Komputer dan Laptop Cara Memaksimalkan Kerja Komputer dan Laptop Reviewed by Mujiono on 10:49 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.