Pengertian dan Fungsi Hotspot Pada Jaringan Komputer

Pengertian Hotspot pada jaringan Komputer

Hotspot adalah sebuah area dimana kita bisa terkoneksi dengan jaringan internet. Didalam hotspot terdapat sebuah pusat pengendali sinyal yang berasal dari provider baik telkom maupun provider lainnya ke user. User disini bisa berarti komputer, laptop atau bahkan perangkat smartphone yang dapat terkoneksi dengan jaringan wireless. Hotspot lebih sering digunakan untuk akses ke internet sehingga hotspot juga bisa diartikan sebagai pusat akses kontrol yang mengatur sinyal internet dari pusat akses data kepada para penggunanya.

Saat ini hampir semua tempat keramainan diberikan layanan hotspot sehingga banyak orang yang dapat mengakses internet pada area itu. Taman, kampus, cafe bahkan warung kopi juga banya yang menyediakan layanan hotspot kepada para pengunjungnya.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Keamana Komputer Pada Jaringan


Fungsi Hotspot pada jaringan Komputer

Hotspot berfungsi untuk membuat user bisa terkoneksi dengan jaringan komputer selain itu hotspot sendiri merupakan area yang berfungsi sebagai pengendali sinyal internet dari provider penyedia layanan internet kemudian diteruskan kepada para penggunanya.

Hotspot sendiri biasanya menggunakan jaringan wireless atau jaringan tanpa kabel sehingga user yang ingin terhubung dan mengakses internet harus mempunyai perangkat yang mendukung jaringan tanpa kabel seperti laptop dan smartphone.

Pada jaringan ini sangat rawan sekali tersebarnya virus-virus yang dapat membahayakan komputer kita, karena kita tahu bahwa kita tidak bisa mengetahui seberapa kuat keamanan jaringan yang ada pada jaringan tersebut.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Gateway pada Jaringan Komputer

Tips Aman Dalam Menggunakan Hotspot

Kita tahu bahwa pada saat ini data merupakan informasi yang sangat penting sekali didunia internet. Ketika kita berselancar diinternet banyak sekali virus yang bersebaran yang berusaha masuk ke komputer kita. Virus - virus tersebut berusaha untuk mencuri informasi pribadi kita seperti: password login, username, data pribadi bahkan data penting lainnya. Untuk itu ada tips sederhana agar kita aman dalam menggunakan hotspot:
  • Jangan pernah mengaktifkan file sharing folder komputer atau laptop karena memungkinkan orang lain juga dapat mengakses folder yang kamu sharing.
  • Matikan juga sharing printer PC/Laptop kamu.
  • Selalu mengaktifkan anti virus dengan update yang terbaru.
  • Jangan sekali-kali berikan username dan juga password Anda kepada orang lain.
  • Aktivkan juga firewall pada komputer
Pengertian dan Fungsi Hotspot Pada Jaringan Komputer Pengertian dan Fungsi Hotspot Pada Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 4:29 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.