Pengertian dan Fungsi HTML (HyperText Markup Language)

Pengertian HTML (HyperText Markup Language)

HTML atau HyperText Markup Language adalah sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah website sehingga dari halaman website tersebut dapat menampilkan informasi yang berguna bagi para pengguna internet.

HTML sendiri terdiri dari komponen beberapa script yang terbentuk menjadi sebuh tag penyusun dokumen html. Untuk dapat belajar HTML memang gampang-gampang susah karena jika terjadi salah pengetikan sedikit saja maka akan mengalami eror pada dokumen tersebut.

HTML tersusun dari kumpulan text yang disertai dengan link sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses sebuah informasi. Dengan HTML kita bisa mengatur model tulisan, header pada web, body bahkan isi dari sebuah website.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi Domain


Fungsi HTML (Hypertext markup Language)

HTML berfungsi untuk mengelola, menghubungkan, menampilkan serangkaian informasi dan data sehingga dokumen-dokumen tersebut mudah untuk diakses melalui jaringan internet. Selain itu fungsi utama dari HTML itu sendiri adalah sebagai berikut:
  • Berfungsi untuk membuat halaman sebuah website
  • Berfungsi untuk menampilkan informasi dari database ke dalam sebuah browser
  • Berfungsi untuk menghubungkan link ke halaman lain di dalam sebuah website dengan menggunakan kode tertentu (hypertext)
Pengertian dan Fungsi HTML (HyperText Markup Language) Pengertian dan Fungsi HTML (HyperText Markup Language) Reviewed by Mujiono on 3:08 PM Rating: 5

1 comment:

  1. HTML 4.0 diperkenalkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada Desember 1997, yang antara lain menyertakan fitur CSS (Cascading Style Sheets), yang mendukung pembuatan aplikasi yang dinamis. Tahun 1999 muncul HTML 4.1. Setelah kemunculan HTML 4.1, XHTML 1 lahir. Secara prinsip spesifikasi pada XHTML sama seperti pada HTML 4.01. Hal yang membedakan adalah sintaks bahasanya. XHTML menerapkan aturan yang lebih ketat daripada HTML, yakni mengharuskan pembuat dokumen harus mengikuti aturan XML (eXtended Markup Language). Selain itu, dalam penulisan dokumen semua tag dan atribut dalam dokumen harus ditulis dengan menggunakan huruf kecil, sementara pada HTML, tag dan atribut boleh ditulis dengan huruf capital, huruf kecil, ataupun kombinasi. XHTML 1.0 diteruskan dengan XHTML 2.0. Namun, versi yang terbaru ini kurang mendapat tanggapan dari para vendor.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.