Pengertian File System NTFS Beserta Kelebihan dan kelemahannya

Pengertian File System NTFS

NTFS atau New Technology File System adalah sebuah siste berkas yang dikembangkan oleh microsoft untuk dimasukan kedalam kumpulan sistem operasi windows NT.  Kumpulan Windows tersebut meliputi: Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows 7. File sistem NTFS memiliki desain yang sangat sederhanaakan tetapi memiliki kemampuan yang sangat baik dibandingkan sistem file FAT.

NTFS menawarkan beberapa fitur unggulan yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan yang terdistribusi seperti halnya pengaturan akses dimana sistem dapat membatasi siapa saja yang berhak mengakses berkas atau direktory, Penetapan Kuota dimana sistem dapat menentukan berapa banyak dapat menggunakan kapasitas hardisk, juga fitur enkripsi dan toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance)


Baca Juga: Pengertian File System FAT dan FAT32 pada Windows beserta Kelebihan dan Kelemahannya 

Kelebihan File System NTFS

NTFS menyempurkan file sistem dari format sebelumnya yaitu dilengkapi dengan ukuran partisi yang lebih besar selain itu ada penambahan fitur yang cukup berguna yaitu file permission yang berfungsi sebagai sistem keamanan partisi pada hardisk, fungsi recovery, disk quota limit dan masih banyak fitur lainnya yang sangat berguna untuk pembuatan partisi.

Baca Juga: Cara Mengamankan Data Dari Serangan Hacker

Kekurangan File System NTFS

Kekurangan format file system jenis ini adalah terletak pada sistem operasi dan support terhadap perangkat. Tidak semua sistem operasi yang ada bisa membaca file system dengan format ini, seperti halnya sistem operasi MAc juga belum bisa membaca file NTFS. Kemudian banya perangkat elektronik selain komputer yang juga belum mendukung file sistem NTFS seperti TV, MP3 Player, DVD Player dan Kamera.
Pengertian File System NTFS Beserta Kelebihan dan kelemahannya Pengertian File System NTFS Beserta Kelebihan dan kelemahannya Reviewed by Mujiono on 9:01 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.