Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows

Windows merupakan sistem operasi yang paling populer di Indonesia. hampir semua orang perusahaan ataupun kantor menggunakan Windows sebagai sistem operasi utama mereka. Banyak orang yang hanya sebagai pemakai saja (user) sehingga tidak begitu mengerti permasalahan pada komputer mereka dan ada juga orang yang ahli dibidang komputer sehingga bisa mengetahui seluk beluk dari komputer mereka.

Ketika program dan windows mengalami masalah atau rusaknya system yang disebabkan oleh virus maka langkah yang paling tepat untuk memperbaiki komputer kita adalah dengan meakukan install ulang sistem operasi sehingga windows kita akan kembali normal.

Untuk Instalasi sistem opeasi windows sebenarnya cukup mudah, kita hanya mengikuti langkah-langkah sesuai prosedur saja. Akan tetapi kadang kala pada saat kita melakukan instalasi terjadi beberapa permasalahan yang tidak biasa seperti Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi jika pada saat kita melakukan instalasi menemukan permasalahan tersebut.

Sebelum kita melakukan perbaikan, kita harus tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing baru kita bisa memperbaikinya


Baca Juga" Format Penulisan IP Address Pada Jaringan Komputer

Penyebab dan Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing pada saat Install Windows

1. File Windows Rusak
Faktor utama yang menyebabkan permasalah tersebut bisa terjadi karena file windows mengalami kerusakan sehingga sistem komputer tidak bisa membaca windows yang ada pada CD installer. Jika file Windows kita rusak kita bisa melakukan burning ulang Windows Installer atau bisa menggunakan installer menggunakan flash disk.

2. Kompabilitas Port USB yang ada pada laptop
Pada saat kita melakukan instalasi windows menggunakan flash disk tentunya kita akan menggunakan USB untuk media transmisi data. Laptop model baru saat ini hampr semua menggunakan USB 3.0 sementara flashdisk yang kita gunakan hanya support pada USB 2.0. Untuk mencoba permasalahan seperti ini kita bisa memindahkan flash disk yang digunakan untuk instalasi ke port yang lain.

Baca Juga" Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Kabel Cross Over

3. Pengaturan Pada BIOS
pengaturan pada bios bisa menyebabkan terjadinya permasalahan Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing, itu dikarenakan pengaturan prioritas pembacaan sistem. Untuk itu silahkan cek pengaturan bios dengan cara masuk kedalam menu BIOS kemudian anda Klik menu booting pilih boot device priority seting sesuai dengan device yang akan anda gunakan untuk instalasi windows anda (dari DVD/USB flasdisk). Langkah berikutnya klik menu advance pada BIOS ubah driver dari SATA ke AHCI atau matikan menu SATA alihkan ke AHCI, kemudian anda save dan restart laptop anda.

4. Laptop Keluaran Terbaru
Pada laptop keluaran terbaru ada beberapa yang tidak support terhadap driver-driver tertentu. Untuk itu solusi yang bisa dilakukan adalah baca buku manual apakah laptop tersebut bisa digunakan untuk windows 7, jika tidak maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mencari driver sata AHCI dari laptop tersebut. Kemudian ekstrak file driver tersebut kedalam satu folder silahkan anda simpan folder tersebut dengan flasdisk yang lain. Selanjutnya lakukan proses instalasi lagi dengan memasukan flashdisk yang berisi file driver yang sudah kita ekstrak tadi kedalam port usb yang masih kosong.
Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows Reviewed by Mujiono on 9:57 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.