Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi SUM) Pada Microsoft Office Excel

Aplikasi Microsoft Office Excel adalah aplikasi pengolah angka yang sangat membantu user dalam melakukan pengerjaan penghitungan matematika secara cepat. Aplikasi ini lebih sering digunakan untuk membuat laporan keuangan. Menggunakan microsoft office excel membuat kita bekerja lebih cepat dalam melakukan perhitungan baik yang seerhana maupun perhitungan yang paling rumit sekalipun.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Apkan tetapi kita harus benar-benar memahami semua fitur yang ditawarkan oleh Microsoft Excel agar dapat menggunakan aplikasi ini secara maksimal. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas salah satu fungsi pada microsoft excel yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Fungsi tersebut adalah fungsi SUM pada Microsoft Excel.

Fungsi SUM pada Microsoft Office Excel merupakan salah satu fungsi matematika dan trigonometri dengan menambahkan nilai. Dengan menggunakan fungsi ini anda bisa menjumlahkan angka - angka secara otomatis. Selain itu kita juga bisa menjumlahkan angka dalam rentang tertentu secara otomatis.

Baca JugaTutorial Microsoft Effice

Rumus umum menggunakan fungsi SUM pada Microsoft Excel
         
         =SUM(number1,number2)

Sehingga untuk menjumlahkan angka anda bisa melakukan seperti langkah  dibawah ini:
1. Siapkan angka-angka yang akan dijumlahkan
2. Selanjutnya klik kotak cell dimana letak dari hasil penjumlahan
3. Selanjutkan ketikan rumus =SUM(number1,number2)
4. Pada number 1 dan 2 klik pada kotak cell yang akan di jumlahkan, kemudian klik enter untuk melihat hasilnya

5. Jika penjumlahan lebih dari 2 angka maka kita tinggal menambahkan kotak cell pada number 3


Baca Juga: Fitur-fitur Mocrosoft Office 2016

Menjumlahkan angka dalam rentang tertentu

Untuk menjumlahkan angka pada rentang tertentu di Microsoft Excel kita dapat melakukan group cell dengan cara melakukan selection pada cell yang diinginkan. Langkah untuk menjumlahkan angka pada rentang tertentu adalah sebagai berikut:

1. Ketikan =SUM pada cell yang akan di gunakan untuk meletakkan hasil penjumlahan
2. Masukan rumus rentang atau biasa disebut dengan argumen dengan cara menyeret cell awal sampai cell akhir yang akan di rentang. Anda bisa klik pada cell awal kemudian tahan, selanjutnya seret sampai akhir cell yang akan dijumlahkan. maka rumus yang akan keluar adalah =SUM(cell_awal:cell_akhir). Contoh: =SUM(A2:C2)

3. Kemudian Tutup perintah dengan tanda kurung tutup



Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi SUM) Pada Microsoft Office Excel Cara Menjumlahkan Angka Secara Otomatis (Fungsi SUM) Pada Microsoft Office Excel Reviewed by Mujiono on 3:44 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.