VLAN ID dan Terminologi VLAN (Virtual Local Area Network)

Pengertian VLAN ID

Untuk memberi identitas sebuah sebuah jaringan VLAN digunakan nomor identitas VLAN yang dinamakan VLAN ID. VLAN ID akan menjadi penanda dari VLAN yang digunakan. 


Terdapat 2 range VLAN ID yang digunakan didalam jaringan VLAN yaitu: 

a. Normal Range VLAN (1 – 1005). VLAN yang digunakan untuk jaringan skala kecil atau menengah. 

  1. Nomor ID 1002 s.d. 1005 dicadangkan untuk Token Ring dan FDDI VLAN. 
  2. ID 1, 1002 – 1005 secara default sudah ada dan tidak dapat dihilangkan.
  3. Konfigurasi disimpan di dalam file database VLAN, yaitu vlan.dat. file ini disimpan dalam memori flash milkik switch. 
  4. VLAN trunking protocol (VTP), yang membantu manajemen VLAN, hanya dapat bekerja pada normal range VLAN dan menyimpannya dalam file database VLAN. 

b. Extended Range VLANs (1006 – 4094), 

Yaitu range VLAN yang memungkinkan para service provider untuk memperluas infrastrukturnya kepada konsumen yang lebih banyak. Dibutuhkan untuk perusahaan skala besar yang membutuhkan jumlah VLAN lebih dari normal. Memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingakn VLAN normal range. 

  1. Disimpan dalam NVRAM (file running configuration). 
  2. VTP tidak bekerja di sini.


Baca Juga: Jenis VLAN (Virtual Local Area Network) Pada Jaringan Komputer

Terminologi VLAN 

Ada 5 terminologi VLAN. Berikut ini kelima terminologi di dalam VLAN : 

a. VLAN Data 

VLAN Data adalah VLAN yang dikonfigurasi hanya untuk membawa data-data yang digunakan oleh user. Dipisahkan dengan lalu lintas data suara atau pun manajemen switch. Seringkali disebut dengan VLAN pengguna, User VLAN. 

b. VLAN Default 

Semua port switch pada awalnya menjadi anggota VLAN Default. VLAN Default untuk Switch Cisco adalah VLAN 1. VLAN 1 tidak dapat diberi nama dan tidak dapat dihapus. 

c. Native VLAN 

Native VLAN dikeluarkan untuk port trunking 802.1Q. port trunking 802.1Q mendukung lalu lintas jaringan yang datang dari banyak VLAN (tagged traffic) sama baiknya dengan yang datang dari sebuah VLAN (untagged traffic). Port trunking 802.1Q menempatkan untagged traffic pada Native VLAN. 

d. VLAN Manajemen 

VLAN Manajemen adalah VLAN yang dikonfigurasi untuk memanajemen switch. VLAN 1 akan bekerja sebagai Management VLAN jika kita tidak mendefinisikan VLAN khusus sebagai VLAN Manajemen. Kita dapat memberi IP address dan subnet mask pada VLAN Manajemen, sehingga switch dapat dikelola melalui HTTP, Telnet, SSH, atau SNMP. 

e. VLAN Voice 

VLAN yang dapat mendukung Voice over IP (VoIP). VLAN yang dikhusukan untuk komunikasi data suara.

VLAN ID dan Terminologi VLAN (Virtual Local Area Network) VLAN ID dan Terminologi VLAN (Virtual Local Area Network) Reviewed by Mujiono on 2:30 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.