Pengertian VTP  (VLAN Trunking Protocol)


Menurut Cisco System Inc, trunk adalah sebuah sambungan point-to-point antara satu atau lebih Ethernet switch interface dengan perangkat lainnya, seperti router atau switch. Ethernet trunk dapat membawa lalu lintas data dari berbagai VLAN hanya dalam sebuah link. Sebuah VLAN trunk memungkinkan pertukaran data dalam seluruh jaringan. Metode trunk ini menggunakan protokol IEEE 802.10 untuk saling berkomunikasi pada interface Fast Ethernet dan Gigabit Ethernet. Saat menggunakan beberapa VLAN pada jaringan yang memiliki beberapa switch yang terhubung, maka switch-switch tersebut harus menerapkan VLAN trunking pada segmen yang menghubungkan switch dengan switch lainnya. Trunk merupakan penghubung antar-switch yang saling berhubungan dalam VLAN Secara sederhana, trunk dapat dijelaskan pada gambar berikut.




Baca Juga: Tipe VLAN (Virtual Local Area Network) dalam Jaringan Komputer

Ketika menggunakan beberapa VLAN pada jaringan yang memiliki beberapa switch yang terhubung, maka switch-switch tersebut harus menerapkan VLAN trunking pada segmen yang menghubungkan switch dengan switch lainnya. Sebuah trunk tidak bergantung pada salah satu VLAN, melainkan trunk dikategorikan sebagai penghubung antar-VLAN di antara switch dan router. Switching tabel pada kedua ujung trunk dapat digunakan untuk membuat keputusan forwarding berdasarkan MAC address tujuan dari frame.

Seiring dengan bertambahnya jumlah VLAN yang melalui trunk link, keputusan forwarding menjadi lebih lambat dan lebih sulit. Hal ini dikarenakan switching tabel yang lebih besar memerlukan waktu yang lebih lama untuk diproses.

Protokol trunking dikembangkan untuk mengatur perpindahan frame dari VLAN yang berbeda pada sebuah link fisik tunggal secara efektif. Ada dua tipe mekanisme trunking, yaitu frame filtering dan frame tagging.