Bekerja bersama-sama dari tempat yang berbeda tentu akan membutuhkan koordinasi yang jelas. Selain itu melakukan pekerjaan secara bersama akan mempercepat kinerja kita dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang akan diselesaikan. Apabila anda menggunakan google docs sebagai media kerja, anda bisa menambahkan beberapa teman untuk menjadi editor dalam menulis didalam dokumen anda

Anda dapat mengizinkan orang lain untuk mengedit file Google Docs di Google Drive dengan mengikuti langkah-langkah berikut:


1. Buka Google Drive: Buka web browser Anda dan masuk ke akun Google Anda. Kemudian, buka Google Drive dengan mengunjungi https://drive.google.com atau melalui mesin pencari.


2. Pilih File Google Docs: Cari dan pilih file Google Docs yang ingin Anda beri izin pengeditan bersama. Jika file tersebut belum ada di Google Drive, unggahlah terlebih dahulu.


3. Bagikan File: Klik kanan pada file Google Docs atau klik ikon tiga titik (opsi lebih) yang muncul ketika Anda mengarahkan kursor ke file tersebut. Dari menu drop-down, pilih "Bagikan".


4. Atur Izin Akses: Di jendela yang muncul, Anda akan melihat opsi untuk memasukkan alamat email orang-orang yang ingin Anda undang. Masukkan alamat email mereka di kotak "Tambah orang" atau "Tambah orang dan kelompok".


5. Pilih Hak Akses: Setelah Anda menambahkan alamat email mereka, Anda dapat memilih hak akses yang ingin Anda berikan. Pilih opsi "Mengedit" untuk mengizinkan mereka mengedit file bersama. Anda juga bisa menambahkan pesan jika diperlukan.


6. Klik "Kirim": Setelah Anda mengatur izin dan pesan (jika perlu), klik tombol "Kirim". Orang-orang yang Anda undang akan menerima undangan melalui email.


7. Menerima Undangan: Orang-orang yang menerima undangan harus membuka email tersebut dan mengklik tautan untuk mengakses file Google Docs yang telah Anda bagikan.


8. Mulai Mengedit: Setelah mereka mengklik tautan, mereka akan dibawa ke file Google Docs. Mereka dapat mulai mengedit dokumen secara bersama-sama.


9. Perubahan Berjalan secara Real Time: Setiap perubahan yang dilakukan oleh pengguna lain akan terlihat secara real-time. Anda juga dapat melihat markah waktu dan identitas pengguna pada perubahan yang mereka buat.


10. Membuka General Akses:  Langkah ini tidak direkomendasikan karena dengan merubah pengaturan ini dokumen anda akan dapat diedit oleh siapa saja. Akan tetapi jika anda membagikan link hanya pada orang tertentu tentunya langkah ini paling cepat yang bisa dilakukan.