Ketika kita memiliki dokumen di dalam google drive dan kita ingin membagikan kepada orang lain, tentunya pengaturan default dari google tidak memberikan akses kepada siapa saja terhadap file tersebut. Apabila kita ingin berbagi dengan orang lain dari file yang kita punya, kita harus sedikit merubah pengaturan akses dari file tersebut:


Berikut adalah langkah-langkah untuk berbagi file di Google Drive agar bisa dilihat oleh siapa saja:


1. Buka Google Drive:

Akses akun Google Anda dan buka Google Drive dengan mengunjungi https://drive.google.com.


2. Pilih File yang Ingin Dibagikan:

Temukan file yang ingin Anda bagikan dalam Google Drive. Klik kanan pada file tersebut atau centang kotak di sebelah kiri nama file untuk memilihnya.


3. Klik Tombol "Bagikan":

Setelah memilih file, klik tombol "Bagikan" / "share" yang biasanya berada di bagian atas layar, atau Anda juga dapat mengklik kanan pada file dan memilih opsi "Bagikan".


4. Atur Pengaturan Berbagi:

Akan muncul jendela pop-up untuk mengatur pengaturan berbagi. Di sini, Anda dapat melihat opsi "Siapa yang memiliki tautan" di bagian atas.


5. Ubah Hak Akses Menjadi "Dapat Diakses oleh Siapa Saja yang Memiliki Tautan" atau Anyone With a Link:

Klik pada opsi "Siapa yang memiliki tautan" dan pilih opsi "Dapat Diakses oleh Siapa Saja yang Memiliki Tautan". Dengan ini, siapa pun yang memiliki tautan ke file dapat mengaksesnya.


6. Salin Tautan Berbagi:

Setelah mengubah hak akses, Anda akan melihat tautan berbagi di bagian bawah jendela. Klik "Salin tautan" untuk menyalin tautan ke clipboard Anda.


7. Kirim Tautan kepada Orang Lain:

Kirim tautan yang telah Anda salin kepada siapa pun yang ingin Anda bagikan file tersebut. Mereka hanya perlu membuka tautan tersebut untuk mengakses file di Google Drive.


8. Opsi Tambahan: Atur Izin Akses:

Jika Anda ingin memberikan izin akses lebih lanjut, Anda dapat mengklik ikon "Akses" di sebelah kanan tautan berbagi. Di sini, Anda dapat mengizinkan atau memblokir komentar, mengizinkan atau membatasi unduhan, serta mengatur siapa yang dapat melihat tautan.


9. Selesai:

Setelah Anda mengatur pengaturan berbagi dan mengirimkan tautan kepada orang lain, mereka dapat mengklik tautan tersebut untuk mengakses file di Google Drive.


Ingatlah bahwa saat Anda berbagi file dengan tautan dapat diakses oleh siapa saja, siapa pun yang memiliki tautan akan dapat melihat file tersebut tanpa perlu masuk ke akun Google. Jika Anda perlu mengatur izin yang lebih cermat, Anda dapat memilih opsi lain dalam pengaturan berbagi.