Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan fungsi Processor / CPU komputer

Processor atau yang biasa disebut dengan CPU merupakan otak dari komputer dengan dibantu oleh komponen - komponen lain. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz, dan semakin besar nilai kecepatan dari processor maka kerja komputer juga semakin cepat. Secara konseptual processor memiliki 3 komponen utama yaitu ALU, CU dan MU.
  1. ALU (Aritmatic Logical Unit) adalah bagian dari CPU yang bertugas untuk melakukan perhitungan aritmatika yang harus dijalankan sesuai dengan intruksi program. selain itu ALU juga berfungsi untuk menyelesaikan program dengan operasi logika sehingga semua perhitunga dari matematika pada komputer dilakukan pada bagian ini.
  2. CU (Control Unit) adalah bagian yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data seperti menganbil intruksi memori utama, mengatur dan mengendalikan peralatan input dan output, mengirim perintah ke ALU, menyimpan hasil proses dan lain-lain.
  3. MU (Memori Unit) adalah bagian yang berfungsi untuk menyimpan sementara fungsi-fungsi yang dieksekusi ataupun yang sedang diproses.
Pada saat sekarang ini perkembangan processor sudah sangat pesat, mulai dari celeron, dual core, core 2 duo, core i2 sampai core i7, ada juga Xeon untuk komputer server dan intel atom untuk notebook. Sehingga untuk memilih processor sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih processor:
  1. sesuaikan dengan slot yang ada pada motherboard.
  2. Clock Speed Processor, karena semakin tinggi speed processor maka semakin cepat kecepatan dari processor tersebut, contoh: Intel Pentium IV 1,8GHz artinyaprocessor mempunyai kecepatan untuk eksekusi sebesar 1800 juta dalam 1 detik.
  3. Cache memori, semakin tinggi nilai cache memori maka semakin cepat processor dalam melakukan eksekusi.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers