Pengertian dan fungsi Input Device - perangkat keras input

Input Device merupakan peralatan masukan komputer yang langsung memasukan data atau perintah ke dalam piranti proses komputer. Berikut adalah contoh-contoh input device pada komputer:
  1. Keyboard, merupakan papan untuk mengetik yang terdiri dari beberapa elemen seperti angka, huruf, symbol, keyboard sortcut, dan lain-lain.
  2. Mouse, merupakan peralatan input komputer yang berfungsi untuk menggerakkan pointer yang ada pada layar monitor.
  3. Joystick, merupakan peralatan yang dikhususkan kepada anda pecinta game komputer, bentuk dari joystick hampir sama dengan joystick pada permainan PlayStation (PS)
  4. Scaner, merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai mesin fotocopy yang berupa gambar yang akan ditampilkan dalam monitor komputer.
  5. TouchPad, merupakan peralatan yang berfungsi hampir sama dengan mouse, akan tetapi untuk menggerakkan pointer,anda hanya perlu menggerakkan jari anda pada papan Touchpad, Touchpad biasanya digunakan sebagai mouse untuk laptop maupun notebook.
  6. Barcode Reader merupakan alat input untuk membaca barcode pada label kemasan produk, sehingga setiap harga bisa diketahui dengan menggunakan barcode reader, alat ini biasanya digunakan pada supermarket maupun toko-toko.
  7. Touch Screen, merupakan peralatan input untuk alat-alat seperti handphone (HP), dan Ipad. fungsi dari alat ini bisa digunakan sebagai mouse maupun sebagai keyboard.
  8. Kamera, merupakan alat input berupa gambar.
  9. Finger print, merupakan alat input yang berfungsi untuk mengambil data sidik jari dari orang tertentu. biasanya digunakan untuk absensi yang menggunakan sidik jari maupun keperluan yang lain.
  10. Track Ball, merupakan peralatan input untuk menggerakan kursor pada komputer, biasanya satu paket dengan mouse.
Berikut adalah 10 macam peralatan input komputer yang mempunyai fungsi dan kegunaan masing-masing. Sebenarnya masih banyak lagi peralatan input yang lain seperti: image scaner, kamera, video player dan lain-lain. Semoga artikel ini bisa bermanfaat....(^_*)
Pengertian dan fungsi Input Device - perangkat keras input Pengertian dan fungsi Input Device - perangkat keras input Reviewed by Mujiono on 2:39 PM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.