Pengertian dan Macam Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan hubungan antara 2 komputer atau lebih yang saling terkait satu sama lain. jaringan komputer bertujuan untuk memudahkan dan mempercepat kinerja manusia, karena dengan adanya jaringan komputer banyak hal yang bisa dikerjakan seperti: sharing data, sharing printer, penggunaan internet secara bersama dan lain-lain. Jaringan komputer yang berkembang pada saat ini juga bermacam - macam, macam jaringan komputer tersebut berbeda - beda berdasarkan cakupan wilayah maupun perangkat jaringan yang digunakan. Berikut adalah jenis jaringan atau macam jaringan komputer.
  1. Local Area Network (LAN), merupakan jaringan dengan ukungan yang sangat kecil, jaringan ini hanya meliputi satu lingkup lokasi saja, seperti : jaringan dalam 1 laboratorium, jaringan hanya satu kantor, maupun jaringan yang hanya 1 lokasi gedung saja.
  2. Metropolitan Area Network (MAN), MAN merupakan jaringan komputer yang berukuran lebih besar daripada jaringan LAN, karena MAN sudah mencakup beberapa lokasi yang saling berdekatan.
  3. Wide Area Network (WAN), WAN merupakan jaringan yang lebih besar dari jaringan komuter yang tersebut diatas, WAN jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. WAN mencakup beberapa negara maupun beberapa benua yang memberntuk jaringan. WAN juga bisa dikatakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN dan MAN yang dihubungkan yang memberntuk jaringan yang sangat besar.
  4. Wireless LAN (W-LAN) merupakan jaringan lokal tanpa menggunakan kabel sebagai media transmisinya. jaringan menjadi sangat digemari oleh kebanyakan orang diseluruh dunia karena lebih praktis dan efisien.
  5. Jaringan Internet atau Intenational network merupakan jaringan yang sangat luas yang mencakup wilayah diseluruh dunia yang saling berhubungan satu sama lain.
Dengan adanya mcam jaringan komputer seperti saat ini memudahkan manusia untuk saling berkomusikasi dan saling berinteraksi satu sama lain. Dan dengan jaringan komputer informasi bisa disampaikan lebih cepat.
Pengertian dan Macam Jaringan Komputer Pengertian dan Macam Jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 9:22 PM Rating: 5

8 comments:

  1. terima kasih atas infonya kawan ...sangat membantu

    ReplyDelete
  2. silahkan kunjungi Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer
    portofolio arga yudha adhiprama, kunjungan baliknya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungannya gan, ...blog agan keren

      Delete
    2. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

      atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/04/13/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

      trimakasih dari arga yudha adhiprama

      Delete
  3. artikelnya bagus gan, kunjungi juga blog saya di Pengertian Jaringan Komputer dan macam-macam Jaringan Komputer arga yudha

    atau link.nya di https://jaringan-argayudha.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam.html

    untuk tutorial tentang arduino dan sistem informasi kunjungi juga di http://www.argayudhaadhiprama.com/ ,

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    ReplyDelete
  5. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di "PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER DAN MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengertian-jaringan-komputer-dan-macam-macam-jaringan-komputer/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama

    ReplyDelete

Powered by Blogger.