Pengertian dan fungsi Jaringan peer to peer (non dedicated server)

Jaringan peer to peer adalah sebuah jaringan komputer dimana setiap komputer disusun dan dihubungkan satu sama lain tanpa adanya kontrol terpusat yang berperan sebagai server murni. Setiap komputer yang ada dalam jaringan peer to peer menawarkan layanan yang sama sehingga server bisa sebagai client atau client juga bisa sebagai server. jaringan peer to peer cocok digunakan untuk jaringan dengan kapasitas kecil. Ada beberapa keuntungan dan kelemahan dari jaringan peer to peer diantaranya:

1. Kelebihan
  • Antar koputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimiliki oleh semua komputer.
  • Biaya operasional untuk membangun jaringan ini lebih murah dibandingkan dengan jaringan komputer yang lain, karena tidak memerlukan server dengan spesifikasi yang tingga untuk melayani semua client.
  • Kelangsungan dari kinerja tidak tergantung hanya pada komputer server karena semua komputer yang ada dalam jaringan peer to peer bisa bertindak sebagai server, sehingga jika salah satu komputer mengalami kerusakan maka komputer lain tidak akan terpengaruh dan tidak mengalami gangguan.
2. Kelemahan
  • Identifikasi permasalahan atau troubleshooting jaringan lebih sulit, karena pada jaringan ini semua komputer terlibat dalam sistem komunikasi jaringan.
  • Kemampuan kerja lebih rendah dibandng dengan jaringan client server karena setiap komputer bisa bekerja sebagai client maupun bisa bekerja sebagai server.
  • Sistem keamanan jaringan yang kurang aman, karena keamanan dalam jaringan peer to peer ditentukan oleh setiap user masing-masing komputer.
  • Back up harus dilakukan di masing-masing komputer karena keamanan jaringan yang berada di setiap user.
Pengertian dan fungsi Jaringan peer to peer (non dedicated server) Pengertian dan fungsi Jaringan peer to peer (non dedicated server) Reviewed by Mujiono on 5:04 PM Rating: 5

4 comments:

  1. artikelnya sangat bermanfaat,
    kunjungi juga lamanku yaa http://seliselo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat dan membantu dalam menyelesaikan tugas
    Kunjungi jga ya lamanku http://x-friendcyber4rt.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. kren tuh artikelnya
    http://ilmuteknokomputer.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-jaringan-peer-to-peer.html

    ReplyDelete

Powered by Blogger.