Kegunaan jaringan komputer

Setelah berbagi tentang pengertian jaringan komputer pada postingan sebelumnya, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan untuk berbagi tentang kegunaan atau keuntungan yang diperoleh dari membangun sebuah jaringan komputer. Karena pada dasarnya istilah jaringan komputer berawal dari keinginan untuk menggunakan peralatan secara bersama-sama, dan dengan adanya jaringan komputer diharapkan membantu kerja manusia. Berikut beberapa keuntungan membangun jaringan komputer:
  1. Resource sharing, seperti tujuan awal membangun jaringan resource sharing merupakan penggunaan suberdaya perangkat komputer baik perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan perangkat tambahan (printer) secara bersama-sama. Sebagai contoh printer yang digunakan bersama-sama, komputer server yang digunakan untuk menyimpan data semua komputer client, dan lain-lain.
  2. Dapat meningkatkan efisisensi dan produktifistas pengguna jaringan, baik dari segi biaya maupun waktu, karena pengguna dapat mengakses data yang ada di komputer yang lain sehingga menghemat waktu, dan pengguna dapat mengakses data yang sama dengan komputer yang berbeda.
  3. Faktor keamanan lebih terjamin, karena adanya pemusatan data atau penyimpanan data pada server dan untuk mengakses server diatur berdasarkan hak akses sehingga tidak semua pengguna komputer dapat mengaksesnya. Selain itu dengan pemusatan data pada server maka data juga aman dari virus, karena biasanya virus terbawa pada saat kita memindahkan data melalui flashdisk maupun media penyimpanan lain sehingga dapat merusak data yang ada.
Dari ketiga keuntungan membangun jaringan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya jaringan komputer dapat membantu kerja manusia menjadi lebih cepat, produktif dan efisien dengan faktor keamanan yang lebih terjamin.

Semoga artikel terntang kegunan jaringan komputer ini bisa bermanfaat .......(*_^)
Kegunaan jaringan komputer Kegunaan jaringan komputer Reviewed by Mujiono on 7:49 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.