Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Macam dan fungsi Keyboard komputer

Keyboard atau yang biasa disebut dengan papan ketik, adalah input device komputer yang berfungsi untuk memasukkan data dengan mengetikkan huruf atau angka, maupun symbol khusus untuk shortcut keyboard. Kalau ingat keyboard kita pasti ingat yang namanya QWERTY, yang diambil dari urutan huruf pada keyboard bagian atas, karena kita tahu huruf pada keyboard tidak disusun berdasarkan alfabet. Seiring perkembangan teknologi keyboardpun mencadi bermacam-macam dan bervariasi tergantung sesuai kebutuhan dan bentuk yang sangat menarik.

Macam-macam keyboard berdasarkan konektornya:
  1. keyboard Serial, yaitu keyboard yang menggunakan DIN 5 male yang biasanya digunakan pada komputer AT
  2. Keyboard PS/2, merupakan keyboard yang paling sering dijumpai pada saat ini, karena keyboard ini biasa digunakan untuk komputerATX. Port keyboard PS/2 hampir sama dengan port pada mouse, jadi diharapkan untuk berhati-hati dalam memasang konektor keyboard. Biasanya port pada keyboard ditandai dengan warna ungu dan port pada mouse ditandai dengan warna hijau.
  3. Keyboard Wireless, merupakan keyboard yang tidak menggunakan kabel karena keyboard ini menggunakan perantara kabel sebagai media koneksinya, Akan tetapi keyboard ini ada beberapa jenis berdasarkan konesi yang dipakai seperti: infrared, WIFI, maupun bloetooth. keyboar ini akan lebih praktis jika dipasang pada laptop maupun notebook.
  4. Keyboard USB, merupakan keyboard dengan port USB, karena pada saat ini banyak pengguna yang menggunakan laptop dan pada laptop tidak terdapat port PS/2, maka keyboard ini sering dipakai oleh para pengguna laptop. Selain itu konektor USB menjamin transfer data lebih cepat dibanding dengan port yang lain.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa seiring dengan perkembagan komputer maka perkembangan komponen-komponen pendukung juga semakin pesat, sehingga pengguna bisa menjadi lebih nyaman dalam memakainya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.....(^_*)


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers