Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Komputer

Perangkat komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik yang berfungsi untuk meringankan atau membantu pekerjaan manusia agar lebih mudah, cepat, efisien dan akurat. Pada saat ini keberadaan komputer sangat diperlukan sekali oleh manusia karena hampir semua kegiatan atau pekerjaan manusia dapat dibantu oleh komputer, mulai dari menulis, menghitung, mengedit gambar/foto dan lain-lain.

Pada era modern komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat, baik dari segi ukuran, bentuk, kualitas dan kecepatan akses, fungsi hingga teknologi yang semakin tinggi. Berikut adalah komponen-komponen komputer yang sudah dikenal oleh masyarakat umum dan digunakan untuk membantu pekerjaannya:
1. Personal Computer (PC)
2. Komputer untuk Server (server komputer)
3. Mainframe
4. Personal data Assistant (PDA)
5. Kalkulator (mesin hitung sederhana)
6. Global Positioning System ( atau lebih dikenal dengan GPS)
7. Mobile Komputer (Notebook, Laptop, Netbook) perangkat ini banyak dijumpai dan dipakai pada saat ini, karena selain mudah untuk digunakan tetapi juga mudah untuk dibawa kemana-mana.
8. dan masih banyak lagi model-model komputer terbaru yang semakin canggih dan lebih modern.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer menjadi kebutuhan pokok bagi manusia untuk meningkatkan kualitas kerjanya, setiap peruhaan maupun instansi mewajibkan pekerjanya untuk menguasahi ilmu dibidang komputer, baik sebagai user maupun teknisnya sesuai dengan bidang pekerjaan yang dikerjakan.

Prinsip kerja komputer sangat sederhana, data input yang diperintahkan oleh manusia kemudian diolah kemudian hasil datanya disimpan dan dikeluarkan melalui alat keluaran komputer (output device). Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya perangkat komputer didukung oleh 3 komponen atatu perangkat yang saling bekerja sama satu sama lain yang biasa disebut dengan sistem komputer, ketiga komponen sistem komputer tersebut adalah:
  1. Harware atau yang lebih dikenal dengan perangkat keras komputer. Harware (perangkat keras komputer) adalah sekumpulan alat elektronik dari komputer yang dapat dilihat oleh kasat mata seperti: hardisk, motherboard, ram, VGA, mouse, keyboard, monitor, dan lain-lain
  2. Software atau yang biasa disebut perangkat lunak komputer. Software (perangkat lunak komputer) merupakan program yang berisi perintah yang menghubungkan antara perangkat keras komputer dengan pengguna komputer (user). Software mempunyai banyak macam dan kegunaan, ada yang berfungsi sebagai sistem operasi maupun aplikasi untuk membantu kerja manusia.
  3. Brainware (pengguna komputer), Brainware adalah komponen yang mengoperasikan atau memberikan perintah ke komputer, Brainware disini adalah manusia yang menggunakan komputer.
Ketiga komponen dari sistem komputer tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, sehingga jika tidak ada salah satu dari komponen komputer tersebut maka sistem komputer tidak akan berjalan. Semoga artikel tentang komputer ini bisa bermanfaat.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

Google+ Followers