Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian, Fungsi dan Pembagian Kelas IP Address dalam Jaringan Komputer - types of ip address

Pengertian IP Address Dalam Jaringan Komputer

IP Address adalah alamat yang diberikan untuk jaringan komputer yang menggunakan protokol TCP IP. IP address terdiri dari 32 bit angka biner yang dapat dituliskan menjadi 4 kelompok bilangan decimal yang dipisahkan dengan tanda titik, sebagai contoh : 192.168.10.1. IP address terdiri dari 2 bagian yaitu network ID dan host ID, network ID adalah alamat dari jaringan komputer sedangkan host ID adalah alamat dari host seperti komputer, router dan lain-lain. Pemberian IP address pada komputer harus bersifat unik sehingga IP address setiap komputer berbeda-beda.

Baca Juga" Setting IP Address Pada Windows Seven (Windows 7)

Fungsi IP Address Dalam Jaringan Komputer

IP Address dalam jaringan komputer berfungsi untuk memberikan penomoran alamat yang unik sehingga antara perangkat satu dengan perangkat lain memiliki IP Address yang berbeda-beda. IP address akan memudahkan pengirimana dan penerimaan paket data dalam jaringan komputer dan mencegah terjarinya kesalahan pengiriman data.


Baca Juga" Cara melihat IP Address Komputer Kita

Pembagian Kelas IP Address

Pada dasarnya IP address yang paling sering digunakan dalam jaringan komputer adalah IP address kelsa A, B dan C meskipun sebenarnya ada beberapa ip lagi yang ada dalam jaringan komputer seperti IP Bogon, Ip Private dan lain-lain. Berikut adalah pembagian Kelas IP Address kelas A, Kelas B dan Kelas C.
  • IP Address Kelas A, merupakan Sebuah IP Address yang memiliki 8 bit network ID dan 24 bit host ID sehingga IP address ini memiliki jumlah host yang yang sangat besar yang bisa digunakan dalam jaringan, sehingga biasanya digunakan untuk jaringan dengan sekala yang besar dengan jumlah host yang sangat banyak. Sebagai contoh pada penggunaan IP address : 113.46.5.6 , 113 berfungsi sebagai network ID sedangkan 46.5.6 berfungsi sebagai host ID nya.
  • IP Address Kelas B, merupakan IP Address yang memiliki 16 bit network ID dan 16 bit Host ID. IP address mempunyai jumlah host yang sedang dengan jumlah maksimal host berkisar 65.534 host, sehingga IP ini cocok untuk jaringan dengan jumlah host yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sebagai contoh penggunaan IP address Kelas B adalah : 132.92.121.1 , 132.92 berfungsi sebagai network ID sedangkan 121.1 berfungsi sebagai host ID.
  • IP Address Kelas C, merupakan IP Address yang memiliki network ID 24 bit dan 8 bit Host ID. IP address ini memiliki jumlah host yang sangat kecil sehingga IP address ini digunakan untuk jaringan kecil seperti disekolah-sekolah, dikantor-kantor maupun instansi rumahan, jumlah maksimal host pada IP address ini hanya 254 host. Seabagai contoh penggunaan IP Address Kelas C adalah : 192.168.1.2 , 192.168.1 merupakan network ID dan 2 merupakan host ID-nya.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

4 comments:

  1. klo komputer nya beda tapi pake WIFI yang sama , apakah bakalan sama IP nya bang?

    ReplyDelete
  2. maaf min, saya mau nanya kalau alamat IP bisa dipake untuk melacak keberadaan smartphone atau leptop?
    kalau bisa caranya gimana?
    thank,,, ^_^

    ReplyDelete
  3. yoi tenan......... min...........
    gua mau jual es teh harga 2k nego, cidot 10k, Lokasi sumbing Sindoro

    ReplyDelete

Google+ Friends