Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Komputer

Melanjutkan postingan saya sebelumnya tentang Komputer, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang perangkat keras komputer (hardware) penyusun PC. Hardware atau yang lebih dikenal dengan perangkat keras pada komputer merupakan sekumpulan alat elektronik dari komponen-komponen komputer yang dapat daraba dan dilihat oleh kasat mata. Semua perangkat keras ini dihubungkan dan disusun menjadi satu untuk membentuk satu kesatuan yang memiliki keterkaitan struktur kinerja pada setiap komponennya.

Struktur komputer dapat didefinisikan sebagai cara beberapa komponen perangkat keras komputer untuk saling berkaitan. Setiap perangkat keras komputer dapat dikategorikan berdasarkan fungsi dari perangkat keras tersebut. Kategori peangkat keras komputer tersebut diantaranya:
  1. Peralatan input, merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi memberikan masukan ke dalam komputer untuk diproses. beberapa contoh peralatan input diantaranya seperti: keyboard, mouse, joystick, touch pad, scaner dan lain-lain.
  2. Peralatan Proses, merupakan perangkat keras komputer yeng berfungsi untuk memproses data dari peralatan input, contoh perangkat keras yang berfungsi sebagai peralatan proses antara lain : prosessor yang didukung oleh motherboard dan komponen lainnya.
  3. Peralatan penyimpan data (data storage), merupakan perangkat keras komputer yag berfungsi sebagai media penyimpanan data. contoh perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpan data diantaranyaa adalah hardisk, flashdisk, memori dan CD/DVD dan lain-lain.
  4. Peralatan Output (Output Device), merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menghasilkan informasi yang akan dsampaikan kepada user(pengguna komputer), contoh peralatan yang berfungsi sebagai output device adalah monitor, proyektor, printer dan lain-lain.
Struktur harware diatas dapat digambarkan dalam diagram sebagai berikut:

Struktur Harware Komputer
Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Komputer Pengertian dan Fungsi Perangkat Keras Komputer Reviewed by Mujiono on 3:05 AM Rating: 5

1 comment:

  1. terimakasih atas penjelasan mengenai perangkat keras komputer , sangat bermanfaat dan menambah pengetahua bagi saya..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.