Pengertian dan fungsi Power Supply komputer

Power Supply merupakan alat elektronik dari perangkat keras komputer yang mempunyai bentuk persegi/kotak dan terletak pada bagian belakang casing komputer. Fungsi power supply sendiri untuk mengubah arus listrik dari tegangan AC menjadi tegangan DC yang akan di suplai ke perangkat keras komputer. Power Supply mempunyai tegangan output yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan komponen-komponen hardware komputer. Jenis power supply pun ada 2 macam yaitu : power supply AT dan power supply jenis ATX.

Selain itu output pada power supply terdapat banyak konektor yang berbeda-beda yang mempunyai fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan dengan kebutuhan hardware pada komputer tersebut, akan tetapi tujuannya sama yaitu untuk memberikan tegangan untuk setiap hardware pada komputer. Berikut adalah fungsi konektor power supply :
  1. Konektor 20/24 pin ATX motherboard, merupakan konektor yang langsung dihubungkan ke motherboard, yang memberikan sumber tegangan utama untuk motherboard.
  2. Konektor 4/8 pin 12 V, Konektor ini juga biasa disebut konektor P4 karena pertama kali digunakan bersama komputer prosessor pentium IV. konektor ini berfungsi memberikan daya khusus untuk komponen prosesor.
  3. 6 pin AUX Power Cable, komponen ini berfungsi untuk memberikan daya untuk komponen VGA cardyang berbasis PCIe.
  4. Konektor 4 pin peripheral power cable, konektor ini digunakan untuk memberikan daya ke berbagai macam komponen hardware komputer seperti: optical card, casing fan, dan hardisk.
  5. Floppy Disk Drive, konektor ini memiliki ukuran yang relatif kecil yang digunakan untuk memberikan daya untuk floppy disk.
  6. SATA Power Cable, merupakan konektor yang digunakan untuk memberikan tegangan pada hardware yang menggunakan konektor SATA seperti hardisk.
Semoga artikel ini bermanfaat.....(^_*)
Pengertian dan fungsi Power Supply komputer Pengertian dan fungsi Power Supply komputer Reviewed by Mujiono on 2:31 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.