Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Topologi Jaringan Komputer dan Macamnya

Pengertian Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan merupakan rancangan yang akan dibuat pada sebuah jaringan komputer atau suatu cara untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain sehingga bisa membentuk suatu jaringan komputer, menentukan topologi jaringan sangat penting sebelum kita membangun jaringan, karena dengan topologi kita bisa mengetahui model jaringan yang akan kita bangun.

Topologi Jaringan komputer dalam telekomunikasi juga bisa diartikan sebagai suatu cara  untuk menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan. Jaringan tersebut akan saling berhubungan satu sama lain membentuk sebah komunikasi data.

Baca Juga: Cara Membuat Jaringan Komputer

Fungsi Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer berfungsi untuk mengetahui bagaimana masing - masing komputer atau host dalam jaringan komputer dapat saling berkomunikasi satu sama lain.


Macam-macam Topologi Jaringan Komputer

Banyak topologi yang sering dipakai dalam jaringan komputer diantaranya:
  1. Topologi jaringan bus, merupakan topologi yang menggunakan kabel tunggal untuk menghubungkan semua komputer baik server maupun client. topologi ini sangat sederhana akan tetapi jarang digunakan pada saat sekarang ini karena sering terjadi eror jika lalu lintas data sangat padat. (Baca Juga: Topologi Bus: Pengertian, kelebihan dan keuntungannya)
  2. Topologi token ring (topologi cincin), topologi ini mempunyai ciri khusus berbentuk lingkaran untuk menghubungkan antara client dengan server sehingga setiap setiap server atau client akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer yang lain. (Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Topologi Token Ring)
  3. Topologi star, merupakan topologi yang paling sering digunakan pada saat ini karena selain mudah untuk mengidentifikasi permasalahan pada jaringan topologi ini juga paling efisien, topologi ini menghubungkan antara server ke komputer client menggunakan perantara hub atau switch sehingga jika salah satu komputer mengalami gangguan maka komputer yang lain tidak akan terganggu. (Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Topologi Jaringan Star)
  4. Topologi Peer to peer, topologi ini adalah topologi pasling sederhana dalam jaringan komputer karena topologi ini biasanya shanya menghubungkan 2 perangkat komputer saja. Misalnya adalah hungan antara laptop dengan laptop yang dihubungkan dengan kabel jaringan. (Baca Juga: Kelebihan dan Kelemahan Topologi Jaringan Peer to Peer)
Setiap topologi jaringan komputer akan mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing sehingga sebelum kita membangun sebuah jaringan komputer, baik itu membangun jaringan komputer LAN di kantor, membangun jaringan dilingkungan sekolah ataupun membangun jaringan di tempat kerja kita harus terlebih dahulu memperhitungkan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing topologi jaringan yang ada.



Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Friends