Pengertian dan fungsi Kartu Ekspansi

Kartu ekspansi adalah perangkat keras komputer yang termasuk golongan peripheral komputer yang berbentuk papan sirkuit cetak yang akan terhunbung dengan matherboard komputer melalui slot kartu ekspansi. Adanya slot kartu ekspansi ini berguna untuk menambah fungsi atau kerja komputer, sebagai contoh; penambahan LAN card pada komputer sehingga komputer bisa terkoneksi dengan jaringan komputer.

Slot kartu ekspansi sudah satu paket dengan motherboard sehingga pada saat kita membeli motherboard alangkah baiknya kita mengecek dulu kelengkapan daripada slot kartu ekspansinya, karena semakin lengkap slot kartu ekspansinya maka semakin mudah untuk menambah fungsi dari komputer tersebut.

Pada saat ini slot kartu ekspansi mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga bermunculan slot - slot terbaru perkembangan dari slot model lama. Beberapa slot kartu ekspansi yang sering kita jumpai antara lain : Slot PCI, PCI-X, PCI-Express dan AGP. Setiap slot mempunyai kecepatan akses yang berbeda - beda dan slot generasi terbaru biasanya mempunyai kecepatan akses yang lebih cepat dari pada slot kartu ekspansi model sebelumnya. Slot kartu ekspansi biasanya digunakan untuk menancapkan kartu ekspansi seperti: VGA card, LAN card maupun kartu ekspansi yang lain.
Pengertian dan fungsi Kartu Ekspansi Pengertian dan fungsi Kartu Ekspansi Reviewed by Teori Komputer on 3:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.