Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Routing

Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

Konsep dasar routing
Bahwa dalam jaringan WAN kita sering mengenal yang namanya TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol) sebagai alamat sehingga pengiriman paket data dapat sampai ke alamat yang dituju (host tujuan). TCP/IP membagi tugas masing-masingmulai dari penerimaan paket data sampai pengiriman paket data dalam sistem sehingga jika terjadi permasalahan dalam pengiriman paket data dapat dipecahkan dengan baik. Berdasarkan pengiriman paket data routing dibedakan menjadi routing lansung dan routing tidak langsung.
  • Routing langsung merupakan sebuah pengalamatan secara langsung menuju alamat tujuan tanpa melalui host lain. Contoh: sebuah komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirimkan data ke komputer dengan alamat 192.168.1.3
  • Routing tidak langsung merupakan sebuah pengalamatan yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat hort tujuan. (contoh: komputer dengan alamat 192.168.1.2 mengirim data ke komputer dengan alamat 192.1681.3, akan tetapi sebelum menuju ke komputer dengan alamat 192.168.1.3, data dikirim terlebih dahulu melalui host dengan alamat 192.168.1.5 kemudian dilanjutkan ke alamat host tujuan.
Jenis Konfigurasi Routing
  1. Minimal Routing merupakan proses routing sederhana dan biasanya hanya pemakaian lokal saja.
  2. Static Routing, dibangun pada jaringan yang memiliki banyak gateway. jenis ini hanya memungkinkan untuk jaringan kecil dan stabil.
  3. Dinamic Routing, biasanya digunakan pada jaringan yang memiliki lebih dari satu rute. Dinamic routing memerlukan routing protocol untuk membuat tabel routing yang dapat memakan resource komputer.




Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

22 comments:

  1. Replies
    1. sama-sama kawan ....semoga bisa membantu

      Delete
  2. Bagus gan,,, thanks udah posting ini,, :)

    ReplyDelete
  3. thanks banyak ya.... semoga makin banyak ilmu yang bermanfaat
    yang bisa dibagikan.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. sama sama semoga artikel tentang pengertian dan fungsi routing pada jaringan komputer ini bisa bermanfaat

      Delete
  5. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung di blog saya, semoga artikel tentang pengertian dan fungsi routing pada jaringan komputer ini bisa bermanfaat

      Delete
  6. Replies
    1. semoga artikel tentang pengertian dan fungsi routing pada jaringan komputer ini bisa bermanfaat

      Delete
  7. gan, misi gw mw copas ne artikel :D mohon ijin ya gan,, buat tugas makalah kampus sy,, trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke ...senang bisa membantu, dan semoga artikel tentang pengertian dan fungsi routing pada jaringan komputer ini bisa bermanfaat

      Delete
  8. nice gan, bermanfaat, tugas selesai



    visit back hariansianang.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. thanks ya gan,duh bermanfaat banget ini hehe..:D

    ReplyDelete
  10. Mantap gan sharing ilmu nya,, sukses truss gan..

    ReplyDelete
  11. Thanks gan membantu pas uts huhehe

    ReplyDelete
  12. terima kasih mas/mba/pak/bu untuk pengetahuannya , semoga bisa lebih banyak berbagi ilmu pengetahuan lagi dan tentu dengan ilmu yang diperkaya dan dapat mencerdaskan anak bangsa. sekali lagi terima kasih.. :)

    ReplyDelete

Google+ Followers