Fungsi Mouse dan Macam Mouse Komputer

Mouse merupakan perangkat keras (hardware) dalam komputer yang berfungsi sebagai penggerak kursor (pointer) pada layar monitor. Mouse sendiri bisa dikategorikan dalam peripheral utama komputer karena mouse merupakan perangkat tambahan yang harus ada pada komputer yang menggunakan sistem operasi berbasis GUI. Mouse terdiri dari klik kanan, klik kiri dan scroll yang setiap bagian mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Seperti halnya pada keyboard, mouse mempunyai banyak macam, diantaranya:
  1. Mouse serial: Mouse ini jarang sekali kita temukan karena menggunakan port serial yang ditancapkan pada motherboard dan mouse ini biasanya digunakan pada komputer type AT.
  2. Mouse PS/2: mouse ini banyak kita jumpai sekarang ini, karena komputer saat ini banyak yang menggunakan mouse dengan port PS/2, biasanya mouse PS/2 dipasang pada port PS/2 motherboard yang berwarna hijau.
  3. Mouse USB: Mouse ini sering kita temui saat ini karena kebanyakan orang sudah banyak yang menggunakan mouse jenis ini. kelebihan mouse jenis ini adalah kecepatan transfer data yang lebih cepat dibandingkan dengan mouse yang lain.
  4. Mouse Wireless: mouse ini digunakan untuk komputer modern yang mempunyai kemampuan untuk menerima sinyal wifi. Mouse jenis ini sangat fleksibel karena tidak perlu menggunakan kabel. Mouse jenis ini masih sangat jarang dipakai karena harganya relatif lebih mahal dibandingkan mouse jenis yang lain.
Fungsi Mouse dan Macam Mouse Komputer Fungsi Mouse dan Macam Mouse Komputer Reviewed by Mujiono on 8:55 PM Rating: 5

1 comment:

  1. Mungkin kalau di tambahkan gambar sesuai jenis-jenis mousenya makan akan terlihat lebih jelas perbedaannya. Nice article. Thank you

    ReplyDelete

Powered by Blogger.