Pengertian Point to Point Protocol

Point to Point Protocol atau yang biasa disingkat PPP merupakan enkapsulasi multiprotocol datagram dalam jaringan yang sering digunakan pada jaringan WAN,  Point to Point Protocol menggunakan arsitektur berlapis dengan model logis dan desain yang membantu komunikasi diantara lapisan interkoneksi.  Point to Point Protocol juga menyediakan enkapsulasi datagram melalui jalur point to point dan menggunakan lapisan data link untuk mengetes koneksi.

Point to Point Protocol terdiri dari 2 sub protocol, yaitu:
  • Link Control Protocol yang berfungsi untuk membangun jalur point to point. Link Control Protocol berada diatas lapisan physical layer dan digunakan untuk membangun, mengkonfigurasi dan mengetes koneksi data link.
  • Network Control Protocol yang berfungsi untuk konfigurasi berbagai protocol network layer.
Point to Point Protocol juga menggunakan link Control Protocol untuk menyetujui pilihan format enkapsulasi seperti: Authentication, Compression, error detection, multilink dan PPP callback.  Point to Point Protocol mengizinkan berbagai protocol network layer untuk beroperasi pada jalur komunikasi yang sama. Untuk setiap protocol network layer yang digunakan disediakan pula Network Control Protocol yang berbeda. sebagai contoh: Internet Protocol(IP) menggunakan Internet Protocol Control Protocol(IPCP) dan yang lainnya.
Pengertian Point to Point Protocol Pengertian Point to Point Protocol Reviewed by Mujiono on 3:50 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.