Router komputer - Router PC

Router Komputer adalah sebuah komputer yang diinstal sistem operasi sehingga mempunyai kemampuan seperti router dan dapat digunakan untuk mengatur juga membagi jaringan komputer. Router juga bisa mengatur bandwitch dari setiap masing - masing client yang memiliki koneksi internet pada jaringan. Sistem operasi pada Router PC biasanya menggunakan mikrotik. Mikrotik adalah perangkat lunak sistem operasi yang akan diinstal pada komputer sehingga komputer tersebut mempunyai kemampuan seperti router.

Pada saat sekarang ini sudah banyak sekali router pabrikan yang bermunculan sehingga kita hanya berlu membeli saja dan men-setting dari router tersebut. Akan tetapi dari segi ketahan dan keawetan sebuah router, router yang dibangun dari sebuah komputer lebih tahan lama dan awet juga lebih mura dibandingkan dengan router pabrikan (tentunya kita bisa menentukan spesifikasi hardware sendiri untuk membangun sebuah komputer yang akan digunakan untuk router).

Sebuah Router komputer sebenarnya tidak memerlukan spesifikasi perangkat keras yang bagus karena hanya digunakan untuk menjalankan sistem operasi berbasis text. Berikut adalah spesifikasi perangkat keras yang saya sarankan untuk membangun sebuah Router PC agar Router bisa berjalan maksimal (Minimum yang direkomendasikan):
  • Processor intel (x86) 700 MHz
  • Memori (RAM) 384 MB
  • Harddisk 8 Gb ruang kosong
  • 2 Kartu grafis (LAN Card)
Semoga artikel ini bisa bermanfaat ....
Router komputer - Router PC Router komputer - Router PC Reviewed by Mujiono on 5:55 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.