Instal Windows dengan flashdisk

Install Windows dengan flashdisk adalah cara yang paling tepat untuk install netbook atau laptop yang tidak ada CD Room nya. Apalagi laptop banyak sekali yang CD Room nya sudah rusak sehingga dari pada kita membeli CD Room external lebih baik memanfaatkan flashdisk sebagai media instalasi. kita bisa instal windows 7 atau windows XP sesuai dengan keinginan kita. Akan tetapi pada kesempatan ini saya akan berbagi instal windows 7 dengan flashdisk karena antara windows 7 dan windows XP mempunyai tool yang berbeda untuk menjalankannya. Sebelum melakukan instalasi ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan, diantaranya:
1. Soft copy OS windows 7 degan file ISO
2. Software Windows 7 USB DVD Tool
3. Flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB
4. Laptop / komputer yang akan diinstal tentunya.

Jika semua peralatan diatas sudah dipersiapkan, maka yang harus kita lakukan adalah membuat flasdisk instalasi terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkah membuat flasdisk installasi windows:

1.   Instal Software Windows 7 USB DVD Tool pada komputer anda.
2.   Setelah selesai instalasi, jalankan program Windows 7 USB DVD Tool.
3.   Kemudian tancapkan flashdisk yang akan dibuat instalasi ke komputer anda (jangan lupa backup data flashdisk karena flashdisk akan diformat nantinya oleh program.)
4.   Pada tampilan program Windows 7 USB DVD Tool pilih browse untuk memilih file windows yang disimpan tadi. selanjutnya klik NEXT.


5.   Pada step kedua pilih USB Device karena kita menggunakan USB Flashdisk untuk media instalasinya.

6.   Pada langkah selanjutnya, aplikasi akan mendeteksi flashdisk yang digunakan selanjutnya pilih begin copy untuk melanjutkan proses. Maka akan muncul menu untuk menghapus semua data flashdisk anda. Klik erase USB Device untuk memformat flashdisk dan proses akan berjalan dengan sendirinya.


7.   Jika ada proses seperti dibawah ini berarti anda diminta untuk sabar menunggu sampai proses format dan copy data selesai, jika sudah complete maka close program tanpa harus memilih start over lagi.

8.   Jika semua proses selesai maka tancapkan flashdisk instalasi anda pada laptop yang akan diinstal, kemudian nyalakan.
9.   Setting bios anda agar dan pilih USB sebagai priority bootnya agar komputer anda bisa mendeteksi flashdisk untuk boot.
10. Selanjutnya jalankan seperti proses instalasi windows seperti biasanya

Catatan: 
Jika anda menggunakan antivirus AVIRA maka anda harus menon-aktifkan terlebih dahulu antivirus avira anda karena boot pada flashdisk akan terdeteksi virus dan akan di block oleh AVIRA.

semoga bermanfaat ....

Instal Windows dengan flashdisk Instal Windows dengan flashdisk Reviewed by Mujiono on 9:06 AM Rating: 5

8 comments:

  1. mantap gan, makasih banget atas ilmunya. :)

    ReplyDelete
  2. wah enak nih bisa instal windows dr flashdisk
    thanks ya infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan, apalagi sekarang banyak notebook yang tidak ada cd room nya, jadi tutorial ini bisa dipakai

      Delete
  3. thanks gan... kalo buat win XP apa bisa juga daengan cara ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika menggunakan wwin Xp, kita hanya harus mencari aplikasi yang digunakan untuk memasukan installer windows XP ke dalam flashdisk

      Delete

Powered by Blogger.