Pengertian dan fungsi peralatan input pada komputer

Peralatan input pada komputer adalah perangkat yang memberikan perintah langsung atau data ke peralatan proses pada komputer untuk diproses kemudian dikeluarkan berupa informasi kepada pengguna. Peralatan input merupakan bagian komputer yang mempunyai peranan yang sangat penting karena langsung berhubungan dengan user atau pengguna komputer. Berikut adalah macam-macam peralatan input pada komputer dan fungsi masing-masing komponen tersebut:

1. Keyboard
Merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah berupa angka, huruf maupun symbol, Keboard disebut juga papan ketik pada komputer. keyboard sendiri terdiri dari susunan huruf A s/d Z dan angka 0 s/d 9 dan ada beberapa symbol seperti titik dua, koma, titik dan lain-lain, juga terdapat tobol sortcut yang memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer.

2. Mouse
Mouse adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Mouse sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.

3. Joy Stick
joy Stick adalah alat input yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer

4. Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin foto copi, akan tetapi dengan scanner data dapat diubah dalam bentuk file sehingga dapat disimpan ke dalam harddisk komputer
Pengertian dan fungsi peralatan input pada komputer Pengertian dan fungsi peralatan input pada komputer Reviewed by Mujiono on 11:37 AM Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.