Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Printer

Printer adalah peralatan output pada komputer yang digolongkan dalam peripheral komputer, yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik berupa tulisan maupun gambar secara langsung dengan menggunakan media kertas. Printer sering kita jumpai pada saat ini karena printer merupakan komponen yang sangat memudahkan kinerja manusia untuk mencetak data-data kedalam bentuk hard copy. Printer sendiri memiliki beberapa jenis berdasarkan media pencetaknya. Berikut adalah jenis-jenis printer yang sering kita jumpai:

1. Printer Inkjet
Printer Inkjet adalah printer yang menggunakan tinta cair yang terdiri dari berbagai warna. Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen dan gambar yang mepunyai banyak warna (Colour full). Beberapa merk printer jenis ini yang sering kita jumpai adalah: Cannon, Epson dan lain-lain.

2. Printer Laserjet
Printer Laserjet merupakan printer yang menggunakan tinta serbuk sebagai tintanya sehingga printer ini hampir sama dengan mesin foto copy. Printer ini mempunyai kecepatan cetak yang lebih cepat dibandingkan printer yang lain. akan tetapi printer jenis ini hanya mampu mencetak satu warna saja.

3. Printer Dotmatrik
Printer Dotmatrik adalah printer model lama yang masih sering dipakai pada saat ini. printer ini menggunakan tinta cetak kertas karbon sehingga kualitas cetakan dari printer ini tak sebagus printer jenis yang lain. Printer model ini masih sering kita jumpai di supermarket atau toko yang menggunakan printer ini untuk mencetak struk hasil pembelian. Kelebihan dari printer ini adalah lebih hemat kertas dan listrik sehingga sangat efisien untuk digunakan.

Semoga tutorial sederhana ini bisa membantu dan bermanfaat .....


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

  1. Misi gan, izin share ya...

    A455LD-WX165D Graphic - White
    Price Rp 7.099.000

    Spesifikasi Produk

    # Intel Core i5-5200U BROADWELL Processor
    ( 2.2 with turbo to 2.7 GHz, 3MB Cache )
    # 4GB RAM
    # 500GB HDD
    # DVDRW multi drive
    # NVidia GeForce GT820M with 2GB vram
    # Camera, Card Reade, BT, HDMI
    # 14" Wide LED display
    # No O/S




    Terimakasih :)

    ReplyDelete

Google+ Followers