Macam-macam dan Fungsi Konektor Power Supply Komputer

Power Supply Komputer merupakan komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk memberikan daya pada perangkat komputer yang membutuhkan tegangan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang jenis dan macam-macam konektor pada power supply komputer.

Berikut adalam jenis-jenis konektor pada power supply dan fungsinya:

1. Konektor 20/24 Pin ATX motherboard
Konektor 20/24 Pin ATX berfungsi untuk memberikan daya pada motherboard. Konektor ini biasanya terdiri dari 2 buah konektor yaitu 20 pin dan 4 pin yang kemudian dijadikan 1 membentuk konektor 24 pin. konektor 20 pin digunakan untuk motherboard jenis lama sedangkan untuk konektor 24 pin biasanya digunakan untuk jenis motherboard model baru.

2. Konektor 4 pin 12V
Konektor 4/8 pin 12V berfungsi untuk memberikan tegangan untuk prosessor. Konektor ini digunakan mulai jenis komputer pentium IV keatas sampai sekarang.

3. Konektor 6 pin PCIe
Konektor jenis ini digunakan untuk memberikan daya tambahan pada perangkat VGA card atau kartu grafis yang berjenis PCIe karena VGA Card jenis PCIe membutuhkan daya yang lebih dibandingkan dengan VGA jenis lainnya.


4. Konektor 4 pin peripheral
konektor 4 pin peripheral berfungsi untuk memberikan daya pada peralatan atau komponen komputer seperti harddis, CR Room, kipas pendingin dan lain-lain.

5. Konektor Floppy
Konektor jenis ini berfungsi untuk memberikan daya dan tegangan pada komponen floppy disk.

6. Konektor SATA
Konektor jenis ini berfunsgi untuk memberikan daya kepada komponen komputer yang memiliki port SATA seperti CD Room, Harddisk dan komponen lainnya.

Itulah macam-macam dan jenis konektor pada power supply dan fungsinya semoga bisa membantu ....
Macam-macam dan Fungsi Konektor Power Supply Komputer Macam-macam dan Fungsi Konektor Power Supply Komputer Reviewed by Mujiono on 10:05 AM Rating: 5

3 comments:

Powered by Blogger.