Pengertian dan Fungsi LAN Card

NIC (Network interface Card) atau biasa disebut dengan kartu jaringan merupakan perangkat keras dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer. Lan Card berbentuk kartu ekspansi yang akan dipasang pada slot PCI di motherboard. Pada saat sekarang ini NIC (Network Interface Card ) merupakan kebutuhan yang mutlak untuk jaringan komputer. Akan tetapi seiring perkembangan zaman peranan NIC mulai tergeser dengan WIFI yang lebih praktis dan efisien.



NIC atau Network Interface Card umumnya menggunakan port RJ-45 untuk menghubungkan ke jaringan komputer. Setelah anda memasang NIC (Network Interface Card ), jangan lupa instal drivernya agar komponen dapat bekerja secara maksimal.

Lan Card mempunyai Mac Address yang yang berfungsi untuk identifikasi perangkat dalam jaringan, dan setiap Lan Card hanya mempunyai satu Mac address saja, sehinga biasanya jaringan akan mengidentifikasi mac address dari lan card yang terpasang pada komputer kita. Lan Card biasanya dipasang pada komputer model lama karena untuk komputer dengan motherboard jenis baru lan card sudah terpasang onboard pada motherboard. Di samping port RJ 45 pada Lan Card terdapat lampu indikator yang berfungsi sebagai penanda bahwa lan card telah bekerja, sehingga saat lan card dihubungkan dengan konektor RJ 45 maka lampu indikator akan menyala sebagai penanda bahawa lan card sudah bekerja.
Pengertian dan Fungsi LAN Card Pengertian dan Fungsi LAN Card Reviewed by Mujiono on 8:44 PM Rating: 5

4 comments:

  1. jangan dibaca sering sering ya

    ReplyDelete
  2. Misi gan, izin share ya...

    ADSL Modem Router Wireless D-Link 2700E - 1Port
    Price Rp 239.000

    Detail Spesification :

    The ADSL2+ Modem with Wireless N300. WPA™/WPA2™ and WEP data encryption methods. firewall security,SPI. For Quality of Service (QoS), the router prioritizes traffic. ompatible with existing 802.11b and 802.11g wireless equipment.



    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  3. Aku copy - paste ya...
    Terima kasih !

    ReplyDelete
  4. informasi yang disampaikan jelas dan simple dapat dimengerti dengan mudah
    materi yang lain dapat dilihat disini ^^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.