Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Cara menghubungkan surat masal (mail merge) dengan microsoft excel - mailings ms word

Surat masal atau mail merge pada ms word selalu berhubungan dengan database yang saling terhubung satu sama lain. Saat kita membuat mail merge atau surat masal pada ms word, maka database yang dibuat pasti berupa microsoft office access. Akan tetapi bagaimana jika kita mempunyai data pada microsoft office excel dan ingin menghubungkannya dengan surat masal pada ms word? bisakan hal tersebut dilakukan? jawaban dari pertanyaan itu adalah BISA, asal kita tahu cara dan bagaimana agar mail merge anda bisa terhubung dengan data di ms excel anda.

Untuk membuat data di microsoft excel anda terhubung dengan mail merge atau surat masal, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lkuti langkah-langkah berikut:

  1. Buat data di microsoft excel anda kemudia simpan pada komputer.
  2. Buat surat masal pada ms word anda.
  3. Pada menubar ms word pilih mailings
  4. Selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge, kemudian akan muncul menu popup Type new List, use existing list dan select from outlook contact. Pilih Use Existing List.
  5. Pada jendela select data source, pilih data excel yang sudah anda buat tadi
  6. Selanjutnya akan muncul select table, pilih sheet letak dari data excel anda, kemudian klik OK.
  7. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan satu persatu data yang sudah dibuat dengan cara : Klik Insert Merge Field pada group write and insert fields.
  8. Klik anda panah kebawah dan pilih data yang akan di hubungkan, ulangi satu per satu sesuai data di mail merge.
  9. Untuk melihat hasilnya klik preview results





Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

5 comments:

  1. makasihh, ini sangat membantu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga tutorial komputer tentang Cara menghubungkan surat masal (mail merge) dengan microsoft excel - mailings ms word dapat bermanfaat

      Delete
  2. Replies
    1. sama sama, semoga tutorial komputer tentang Cara menghubungkan surat masal (mail merge) dengan microsoft excel - mailings ms word dapat bermanfaat

      Delete

Google+ Followers