Fungsi mailings pada microsoft office word

Fungsi mailings pada ms word berbeda dengan fungsi dari hiperlinks. Jika hiperlink berfungsi untuk memberikan jalan pintas kepada kata atau kalimat yang dituju melalui hiperlinks, akan tetapi fungsi dari mailings pada ms word adalah untuk membuat link yang akan terhubung ke dalam database yang sudah dibuat. database bisa dari microsoft office access atau dari microsoft office excel. Fungsi mailings biasanya digunakan untuk membuat surat masal dengan format tulisan yang sama tetapi mempunyai data yang berbeda dari setiap surat. Misalnya kita akan membuat undangan dengan jumlah 100 undangan dengan format undangan yang sama, akan tetapi kita harus memasukkan nama dari penerima surat berbeda-beda.

Dengan fungsi ini kita bisa langsung membuat surat secara otomatis yang sudah terhubung dengan database yang sudah dibuat dan kita juga bisa mencetak surat sesuai dengan urutan database yang sudah kita buat.

Untuk membuat surat yang sudah terintegrasi dengan database, kita harus membuat template dari surat tersebut. untuk membuatnya kita hanya perlu menggunakan fungsi mailings pada microsoft office word. atau lihat gambar di bawah ini.
Selanjutnya pilih start mail merge untuk memulai membuat surat masal. untuk membuat surat massal ikuti langkah pada postingan cara membuat mail merge / surat masal pada microsoft office word.
Semoga bisa bermanfaat ....
Fungsi mailings pada microsoft office word Fungsi mailings pada microsoft office word Reviewed by Mujiono on 3:33 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.