Cara membuat dokumen menjadi read only di microsoft word 2007 - Fungsi Mark as Final

Mark as Final adalah tool yang ada pada microsoft word yang memungkinkan data atau dokumen pada lembar kerja ms word bersifat read only. Mark as final berarti dokumen tersebut sudah dalam keadaan final sehingga dokumen tersebut tidak dapat diedit lagi dan dokumen tersebut hanya bisa dibaca saja.

Mark as final biasanya digunakan oleh seseorang untuk mematenkan hasil tulisannya agar tidak diedit oleh orang lain. Ketika kita membuat sebuah karya tulis dan hasil tersebut dirasa sudah final maka alangkah baiknya kita menggunakan mark as final agar dokumen tersebut tidak berubah-ubah lagi sehingga keaslian tulisan akan lebih terjaga.

Untuk menggunakan fungsi mark as final pada microsoft word 2007, ikuti langkah berikut;

  • Buka lembar kerja ms word anda yang akan dipatenkan
  • Selanjutnya klik Office Button 
  • Maka akan muncul popup menu, kemudian pilih Prepare
  • Pada menu Prepare, pilih menu Mark As Final pada menu bagian kanan.
  • Selanjutnya akan muncul pesan peringatan yang berbunyi " This document will be marked as final and then saved "
  • Kemudian klik OK
Dengan cara ini dokumen yang sudah dipastikan final tidak akan bisa diedit kembali, sehingga dokumen tersebut hanya bisa dibaca saja.
Untuk mengembalikan format dari dokumen anda, ulangi langkah yang pertama sehingga dokumen anda akan kembali seperti biasa.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat ...
Cara membuat dokumen menjadi read only di microsoft word 2007 - Fungsi Mark as Final Cara membuat dokumen menjadi read only di microsoft word 2007 - Fungsi Mark as Final Reviewed by Mujiono on 3:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.