Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya

Internet atau Interconnection Networking adalah jaringan komputer terluas yang menghubungkan semua jaringan komputer baik jaringan komputer lokal (LAN), Metropolitan Netowork (MAN) maupun jaringan WAN, maupun peralatan elektonik yang lain seperti handphone, tablet, smartphone dan lain-lain.

Sejarah Awal Internet
Sejarah jaringan komputer didunia diawali dari sebuah riset yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini disebut dengan ARPA (Advanced Research Project Agancy) sehingga jaringan komputer yang mereka bentuk dinamakan ARPANET. Pada awal munculnya internet jaringan ini hanya digunakan untuk kalangan pribadi maupun kalangan tertentu saja yaitu hanya untuk militer, akademisi dan universitas saja. ARPANET sendiri kenudian dipecah 2 yaitu MILNET (jaringan komputer yang digunakan khusus untuk militer dan ARPANET sendiri (jaringan komputer yang digunakan untuk perguruan tinggi. Internet sangat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para penggunanya pada saat itu, itu sebabnya antara MILNET dan ARPANET digabung kembali menjadi DARPANET yang kemudian menjadi internet saja

Ditahun 1980 jaringan ARPANET berkembang sangat pesat menjadi jaringan komputer seluruh dunia dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke dalam jaringan tersebut sehingga untuk memudahkan dalam pemetaan perlu dilakukan pengalamatan jaringan komputer (IP Address), pembagian domain, dan lain-lain. Selain itu sejumlah penemuan dibidang komputer dan jaringan juga turut mendukung perkembangan internet sampai saat ini.

Sejarah perkembangan Internet di Indonesia
Di Indonesia komputer dan internet mulai digunakan ditahun 1990, akan tetapi beberapa Universitas dibidang Elektro dan Informatika sudah mulai mempelajari komputer dan jaringan. Sejumlah tokoh akademisi Indonesia mulai bermunculan dan ikut berperan serta dalam perkembangan internet di Indonesia sepert Onno W Purbo.

Sampai saat sekarang ini perkembangan internet diIndonesia berkembang sangat pesat, shampir semua wilayah diIndonesia terhubung dengan jaringan Internet.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

3 comments:

  1. owh jadi internet itu awalnya untuk pribadi dan hanya untuk militer saja ternyata bau tau aku makasi gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama , semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya dapat bermanfaat

      Delete
  2. Mantap infonya gan, thanks for sharing nya...

    ReplyDelete

Google+ Followers