Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian topologi tree

Topologi tree atau topologi pohon adalah salah satu dari topologi jaringan komputer yang paling banyak diterapkan didalam pembuatan sebuah jarngan komputer. Dengan bentuk menyerupai pohon dengan ranting-ranting, topologi ini akan mencakup lebih banyak komputer yang dapat terhubung denga jaringan komputer. Didalam topologi tree terdapat sebuah perangkat (switch atau hub) pada level teratas atau biasa disebut dengan root yang menjadi pusat utama komunikasi bagi semua komputer yang terhubung dengannya. Pada level ini menggunakan topologi peer to peer (P2P), kemudian pada level dibawahnya  terdapat satu komputer lain yang disebut dengan central dimana komputer tersebut menjadi pusat koneksi bagi komputer yang berada dibawahnya yang membentuk seperti topologi star. Dengan model model seperti ini bisa dikatakan topologi tree merupakan gabungan dari dua topologi jaringan yaitu topologi star dan topologi peer to peer.

Kelebihan dan kelemahan topologi jaringan tree
Sebuah topologi jaringan yang kita implementasikan ke dalam sebuah jaringan komputer pasti memiliki kelebihan dan kelemahan, untuk itu agar kita lebih bijak dalam memilih dan menentukan topologi yang kita gunakan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kelemahan topologi tersebut:

Kelebihan topologi Tree

  1. Topologi tree memenuhi salah satu sifat dan syarat jaringan komputer yaitu scalable dimana topologi ini dapat menyesuaikan kondisi dan keperluan, misalkan pada gedung bertingkat dengan skala yang besar.
  2. Jenis topologi ini banyak digunakan diberbagai tempat kaena topologi ini dapat mendukung jaringan dengan skala yang besar.
  3. Topologi mudah untuk dikembangkan sesuai dengan kebutuhan user, dan sangat mudah untuk diperbaiki jika ada permasalahan.
  4. Topologi tree merupakan pengembagan dari topologi star sehingga sangat mudah untuk dikembangkan, penmbahan komputer root dan komputer central
  5. Topologi tree  mendukung koneksi point to point pada jaringan komputer.
  6. Pada topologi tree, jika salah satu komputer mengalami lgangguan maka komputer lain masih bisa beroperasi.

Kelemahan Topologi Tree

  1. pada topologi ini kemungkinan terjadi collision sangat besar.
  2. Memerlukan perawatan yang ekstra dalam menjaga stabilitas jaringan.
  3. Toplogi tree memerlukan perencanaan yang matang dan detail dalam penerapannya.
  4. Pada toplogi tree jikan komputer root atau komputer central terganggu maka komputer yang berada dibawah jaringan tersebut akan terganggu.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers