Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer

Nomor port atau Port number pada jaringan komputer merupakan angka biner sepanjang 16 bit yang berfungsi sebagai nomor untuk layanan yang digunakan didalam jaringan komputer. Port Number pertama kali dikenalkan oleh pasangan protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protocol). Protokol TCP dan UDP merupakan protokol yang telah ada sejak jaringan komputer diciptakan. Kedua pada tersebut berada pada lapisan Transport Layer.

Klasifikasi dan Macam Port Number pada jaringan komputer:

1. Well Known Port
Merupakan daftar nomor port yang telah diketahui secara umum untuk pemakaian suatu layanan, untuk itu Well Known Port tidak dapat digunakan oleh layanan lainnya. Well known Port memiliki kapasitas sebanyak 1024 buah nomor, beberapa layanan dan aplikasi yang menggunakan Well Known Port adalah FTP di port 21, SSH di port 22 dan HTTP di port 80 dan lain sebagainya.

2. Dynamic Port
Dynamic port merupakan nomor port yang dapat berubah-ubah sesuai dengan keinginan dan keperluan pengguna. Dynamic port tidak disarankan untuk penggunaan aplikasi chatting dan aplikasi sejenis lainnya karena dengan port yang bisa berubah-ubah dapat mengakibatkan terjadinya tabrakan port number antar aplikasi yang digunakan.

3. Registered Port
Registered port terdaftar pada IANA (Internet Assigned Number Authority) yaitu organisasi dunia dibidang jaringan komputer sama halnya dengan Well Known Port. Registered port memiliki kapasitas port number antara 1024 hingga 49151. Port jenis ini digunakan untuk layanan aplikasi yang lebih spesifik seperti port 1080 untuk SOCKS proxy dan 1194 untuk Open VPN.
Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer Reviewed by Mujiono on 9:04 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.