Pengertian dan fungsi speaker komputer

Pengertian Speaker komputer
Speaker komputer adalah perangkat output pada komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil proses dari CPU berupa suara atau audio. Speaker akan mengeluarkan suara yang diputar dalam komputer, baik dari musik player maupun suara video.

Speaker komputer memiliki bentuk yang sangat beragam, ada yang memiliki ukuran yang kecil, sedang maupun speaker dengan ukuran yang besar. Kekuatan dalam mengeluarkan suarapun tentunya juga berbeda-beda tergantung dari besarnya tegangan yang digunakan.
Bagian - bagian dari speaker komputer
Speaker komputer miliki bagian - bagian yang saling terhubung satu sama lain, dan bagian - bagian tersebut memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda, berikut adalah bagian - bagian dari speaker komputer:

  • Sekat rongga (conus). komponen ini berfungsi untuk menghasilkan gelombang tekanan yang diakibatkan oleh gerakan udara di sekitarnya dari pergerakan kumparan. Gelombang tekanan tersebutlah yang sehari-hari kita dengarkan sebagai suara. 
  • Membran akan  menerima proses induksi dari magnet yang kemudian menghasilkan bunyi yang diakibatkan oleh getarannya (induksi). 
  • Magnet yang komponen speaker yang berfungsi melakukan induksi terhadap membran dan juga untuk menghasilkan medan magnet. 
  • Kumparan. Berfungsi mengalirkan energi gerak menuju ke conus atau sekat rongga. Perubahan yang terjadi dalam medan magnet speaker menyebabkan geraknya kumparan yang diakibatkan oleh interaksi antara kumparan dengan medan konstan magnet. 
  • Casing atau penutup dari speaker berfungsi untuk melindungi seluruh bagian dalam speaker. Model casing sendiri cukup beraneka ragam, seperti misalnya berbahan kertas, plastik, logam, ataupun bahan campuran yang disebut composite.
Semoga dengan adanya artikel Pengertian dan fungsi speaker komputer ini bisa menambah wawasan kita dan bisa bermanfaat.
Pengertian dan fungsi speaker komputer Pengertian dan fungsi speaker komputer Reviewed by Mujiono on 10:04 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.