Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya

Pengertian Open Source
Open Source merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam sofware komputer yang berarti bebas, artinya memungkinkan pengguna lain untuk membuka source code dari program sehingga dapat mengetahui dengan jelas cara kerja dari software tersebut. Selain siapa saja boleh mengubah dan memperbaiki bahkan diperbolehkan untuk mengembangkan software tersebut agar memperoleh kinerja yang lebih baik.

Software Open Source merupakan buah dari rapat yang diprakarsai oleh Netscape, penggagas Software Open Source adalah Eric S. Raymond, Crhistine Peterson, Todd Anderson, Larry Augustin, Jon Hall dan Sam Ockman dengan pelopornya Richard Stallman pada tahun 1998. Software open source mulai berkembang pesat setelah lahirnya sistem operasi linux yang dapat diperoleh secara gratis diinternet ditengah merajalelanya sistem operasi keluarga windows yang mengusung lisensi close source. Keberhasilan dari software open source juga tidak lepas dari peran komunitas yang gemar untuk mempelajari dan mengembangkan software berbasis open source.

Kelebihan Dan Kekurangan Software Open Source.
Berikut adlah kelebihan dan kelemahan yang dimiliki oleh software open source:
Kelebihan Software Open Source:

  • Software Open Source biasanya dikembangkan oleh suatu lembaga atau komunitas yang ahli dibidangnya secara bersama-sama sehingga masalah yang ditemukan bisa dengan cepat teratasi.
  • Fitur yang banyak dan kompleks dan memiliki kemampuan yang baik.
  • Software Open Source berlisensi GPL (General Public Licence) sehingga pengguna tidak dikenakan biaya untuk software tersebut.

Kekurangan Software Open Source

  • Tampilan dari software open source cenderung rumit bagi user pemula
  • Beberapa software open source memiliki kinerja tak lebih baik dari software close source.
  • Pemula sering menemui kesulitan dalam instalasi dan penggunaan software open source.

Contoh program yang berbasis open source:

  1. Sistem Operasi (OS) Untuk komputer : Linux (debian, ubuntu, mint, slackware, backtrack, open suse)
  2. Untuk Smartphone : Android, Firefox OS
  3. Aplikasi         : GIMP, InkScape, Digikam, Abhishek’s GLIMPSE, XAMPP, mozilla Firefox, VideoLAN, LibreOffice, Filezilla, OpenOffice, Mplayer, dll

Semoga artikel tentang Pengertian open source ini bisa bermanfaat.
Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya Pengertian Open Source beserta kelebihan dan kelemahannya Reviewed by Mujiono on 9:33 PM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.