Penyebab komputer sering restart dengan sendirinya

Komputer anda mengalami restart dengan sendirinya ? atau hang saat sedang bekerja didepan layar monitor? Berikut adalah penyebab komputer sering restart dengan sendirinya:

1. Processor komputer mengalami overheat atau suhu dari processor terlalu panas
Suhu processor yang terlalu panas dapat menyebabkan komputer mengalami restart dengan sendirinya, bahkan jika ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan komputer mati total. Processor cepat panas bianya disebabkan oleh pemasangan processor yang tidak tepat atau system fan tidak bekerja secara maksimal sehingga tidak bisa mendinginkan heatsink fan processor.

2. Daya dari power supply tidak stabil
Power supply  yang sudah lama biasanya akan mengalami penurunan dari kemapuan power supply itu sendiri sehingga catu daya yang dihasilkan juga berkurang, akibatnya komputer yang kekurangan daya untuk menyuplai seluruh komponen komputer sehingga akan menyebabkankomputer sering restart dengan sendirinya.

3. Kerusakan pada RAM atau memory
Memory yang rusak juga menyebabkan komputer sering mengalami restart dengan sendirinya. Biasanya slot memori kotor dan berdebu sehingga akan menghambat kinerja dari memori. Kasus yang sering terjadi adalah dengan ditandainya blue screen dengan adanya tanda pemberitahuan Dump Memory. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencopot memory tersebut kemudian membersihkan kaki-kakinya, dan kemudian pasang kembali.

4. Hardisk mengalami badsector
Badsector para hardisk menyebabkan sistem tidak berjalan dengan lancar sehingga komputer tidak bisa membaca data dari harddisk, Maka efeknya komputer sering mengalami hang / macet dan restart dengan sendirinya. Rawatlah harddisk anda dengan benar dan teratur. Hati-hati terhadap harddisk, apabila anda mencopot dan jatuh itu bisa mengakibatkan kerusakan yang serius terhadap harddisk anda.

5. Kerusakan pada VGA Card
Kerusakan pada VGA Card juga sering menimbulkan efek blue screen pada komputer. Selain itu juga bisa di tandai dengan komputer mendadak hang kemudian gambar menjadi tampak pecah-pecah dan akhirnya komputer restart dengan sendirinya. Nah, kalau kondisi semacam ini terjadi maka dapat dipastikan bawah VGA Card komputer rusak.

6. Sistem Operasi mengalami masalah
Sistem operasi yang mengalami masalah akan menyebabkan system komputer tidak bisa me-load aplikasi dan program yang ada pada sistem operasi sehingga sistem komputer tidak bisa masuk ke sistem operasi. Untuk mengatasi masalah seperti ini yaitu dengan melakukan install ulang pada sistem operasi atau melakukan repair

Penyebab komputer sering restart dengan sendirinya Penyebab komputer sering restart dengan sendirinya Reviewed by Mujiono on 10:34 PM Rating: 5

2 comments:

  1. ane nambahin satu lagi gan,
    ada yang login telnet ke komputer kita terus eksekusi perintah shutdown -r -t 0

    hehe... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, thanks brow ilmunya, terima kasih sudah berbagi

      Delete

Powered by Blogger.