Cara Back Up Data Komputer pada Windows

Backup data pada komputer bertujuan mengamankan data dari system pada komputer sehingga jika terjadi problem atau masalah pada komputer, data masih bisa diselamatkan. Kita tahu bahwa sistem operasi windows mempunyai tingkat keamanan sistem yang kurang baik dibandingkan dengan sistem operasi berbasis Linux sehingga sistem operasi jenis Windows lebih mudah terserang oleh virus.

Untuk itu jika anda pengguna windows maka akan lebih baik anda sering melakukan backup pada sistem komputer, sehingga jika komputer mengalami kerusakan atau mengharuskan komputer untuk dilakukan install ulang pada sistem maka data dan konfigurasi pada sistem dapat dikembalikan dengan melakukan restore sistem. Restore sistem ini akan mengembalikan data dimana data terakhir yang telah di backup.

Sistem operasi windows sudah menyediakan tool backup dan restore untuk memudahkan penggunanya untuk mengamankan data dari user. Untuk melakukan backup pada windows ikuti langkah-langkah berikut:
  • Langkah pertama yaitu Klik Start pada Windows kemudian pilih Control Panel
  • Langkah Kedua Pada jendela Control Panel pilih Menu Back Up Your Computer pada group menu System and Security.
  • Maka akan muncul jendela Back Up and Restore. Pada jendela ini terdapat pilihan untuk melakukan bac up pada sistem. Yang pertama adalah Back up dalam system image atau backup dalam bentuk files.
  • Langkah selanjutnya pilih Set Up back up. Maka akan muncul jendela Set up back up dimana pada jendela ini terdapat pilihan dimana kita akan menyimpan file hasil backup tersebut. (Select where you want to save your back up)
  • Kemudian pilih lokasi penyimpanan hasil back up, bisa pada harddisk atau save on a network. kemudian klik Next
  • Langkah selanjutnya akan ada pilihan apa yang akan kita backup, Apakah pengaturan dan file default windows atau semua file folder yang ada pada Drive C. Kemudian klik Next
  • Langkah berikutnya akan muncul Review your back up setting, dimana pada langkah ini terdapat informasi tentang lokasi back up dan back up summary. kenudian klik Save Settings and Exit
  • Maka akan muncul Bac k up in progress...., Tunggu sampai proses back up benar-benar sudah selesai.
Cara Back Up Data Komputer pada Windows Cara Back Up Data Komputer pada Windows Reviewed by Mujiono on 7:54 AM Rating: 5

5 comments:

  1. terima kasih gan, dengan artikel ini saya jadi tau cara back up komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan....semoga tutorial komputer tentang cara back up komputer windows bisa bermanfaat

      Delete
  2. terima kasih artikel, semoga bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga tutorial komputer tentang Cara Back Up Data Komputer pada Windows dapat bermanfaat
      baca juga artikel kami tentang :
      http://tutorial-mj.blogspot.co.id/2013/01/cara-menampilkan-file-hidden-files.html

      Delete
  3. makasih mas aku bisa backup data. cara backup data diatas udah saya pratekan. nyari-nyari puyeng ga depet dapet akhirny disini nemuin. :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.