Cara Membatasi Aktifitas User pada Windows - Setup Parental Control User

Parental Control pada windows digunakan untuk membatasi aktifitas user (selain Administrator). hal ini dimaksudkan  untuk menjaga keamanan dan sumber daya yang ada pada komputer tersebut. User yang dibatasi hak aksesnya tidak dapat melakukan hal-hal tanpa sepengetahuan dan ijin dari administrator baik itu melakukan instalasi aplikasi maupun ingin melakukan konfigurasi pada jaringan komputer. Komputer akan memberi peringatan sehingga ketika user mencoba untuk tetap melakukan aktifitas yang dibatasi maka komputer akan menanyakan password administrator.

Tidak hanya pembatasan dalam instalasi aplikasi bahkan admin juga dapat membatasi aplikasi apa saja yang dapat dijalankan oleh user tersebut, ketika user mencoba untuk menjalankan maka kan muncul peringatan bahwa aplikasi tersebut tidak bisa dijalankan.
Pembatasan game dan waktu juga bisa dilakukan sehingga user tidak dapat melakukan aktifitas permainan apapun didalam komputer tersebut.

Sebelum anda men-setup parental cotrol pada windows anda harus membuat user baru yang berfungsi sebagai standart user sehingga nantinya akan ada 2 user yang berjalan pada windows tersebut. Kemudian jangan lupa untuk memberi password pada user Administrator. Jika semua sudah dilakukan maka untuk membatasi aktifitas user pada windows ikuti langkah-langkah berikut:
  • Klik Start Pada ikon Windows dibagian pojok kiri bawah kemudian pilih menu Control Panel
  • Selanjutnya pada menu User Account and Family Safety pilih Set up Parental Control For Any User.
  • Maka akan muncul jendela parental Control. Pada jendela ini akan muncul user yang ada pada komputer kita, pilih salah satu user yang akan dibatasi hak aksesnya.
  • Selanjutnya pada menu Parental Controls centang On, enforce current settings, maka windows akan mengatifkan windows setting yang meliputi:Time limits, game ratings, dan program Limits.
  • Time Limits digunakan untuk membatasi waktu pemakaian dari komputer
  • Game ratings digunakan untuk membatasi permainan atau user tidak diperbolehkan untuk memainkan game pada komputer
  • Program limit digunakan untuk membatasi program apa saja yang boleh dijalankan oleh user tersebut.
  • Setelah pengaturan tersebut berubah menjadi ON, klik OK pada menu bagian bawah.
Cara Membatasi Aktifitas User pada Windows - Setup Parental Control User Cara Membatasi Aktifitas User pada Windows - Setup Parental Control User Reviewed by Mujiono on 9:35 PM Rating: 5

2 comments:

  1. dengan Setup Parental Control User dapat membatasi aktifitas user, termasuk user tidak boleh bermain game, membatasi waktu dan program yang digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget tuh gan, terima kasih...semoga tutorial komputer tentang Cara Membatasi Aktifitas User pada Windows - Setup Parental Control User dapat bermanfaat

      Delete

Powered by Blogger.