Pengertian dan fungsi Dial-up Connection pada jaringan

Pengertian Dial-up pada jaringan
Dial-up adalah jenis koneksi antar komputer dengan memanfaatkan saluran telepon sebagai media komunikasinya. Dial-up sendiri menghubungkan komputer ke saluran internet dengan menggunakan saluran telepon dan mefungsikan telepon tersebut sebagai modem, sehingga telepon yang digunakan sebagai dial-up harus mendukung untuk dapat mengakses internet. Modem sendiri berfungsi sebagai perangkat keras yang dapat merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau pun sebaliknya (Baca juga:Pengertian dan fungsi modem)

Pengertian Dial-up networking pada jaringan
Dial-up networking adalah protokol atau perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke ISP (Internet Service Provider). ISP sendiri adalah Penyedia layanan internet seperti Telkom. Adapun beberapa hal yang perlu diketahui mengenai dial-up networking, yang diantaranya sebagai berikut ini:
  • Pada dial-up networking menggunakan modem sebagai interfacenya untuk menghubungkan komputer dengan jaringan internet.
  • Dengan cara melakukan dial-up modem pada saat ini termasuk salah satu cara yang murah dalam mengakses jaringan internet dan yang paling banyak digunakan, tapi kelemahannya yaitu kecepatan yang rata-rata lambat jadi jika mengakses website yang mempunyai konten yang besar membutuhkan waktu yang lumayan lama.
  • Bisanya dial-up networking melakukan komunikasi dengan ISP menggunakan standar point-to-poit protokol saat menakses jaringan internet.
  • Dan kecepatan maksimal saat men-download file ataupun data dalam dial-up networking ini sangat terbatas, hal ini terletak pada bandwith sistem telepon dan kualitas salurannya.
Fungsi Dial-up pada jaringan
Fungsi Dial-up yaitu untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dengan menggunakan saluran telepon. Dial-up sangat sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis, kita bisa menggunakannya dimana saja asalkan telepon yang digunakan dapat terkoneksi dengan internet.
Pengertian dan fungsi Dial-up Connection pada jaringan Pengertian dan fungsi Dial-up Connection pada jaringan Reviewed by Mujiono on 2:34 AM Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.