Home | Tutorial Komputer | Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian dan Fungsi Registry pada Komputer (Windows) - Regedit

Pengertian Registry pada Komputer (Windows)
Registry adalah bagian dari sistem operasi windows dimana registry merupakan pusat database pada sistem operasi berbasis windows. Semua aktifitas user dan konfigurasi komputer baik perangkat keras maupu software terekam didalam registry. Microsoft sendiri mulai muluncurkan dan mengenalkan registry pada program mereka yaitu pada Sistem operasi 95. Registry akan menampilkan dan mencatat informasi sistem operasi seperti aplikasi apa saja yang terinstall pada komputer, user profil pada komputer, type file yang telas dibuat, icon, folder bahkan port yang digunakan.

Sistem operasi windows akan menyimpan semua pengaturan secara otomatis baik itu konfigurasi perangkat keras dan pereferensi user di dalam database registry windows. Jika anda ingin merubah pengaturan yang ada pada registry saya sarankan untuk melakukan backup komputer terlebih dahulu karena setiap perubahan yang ada pada registry akan merubah pula sisem yang ada pada komputer.
Fungsi Registry pada Komputer (Windows)
Registry pada windows berfungsi sebagai pusat database dari sistem operasi tersebut. Semua aktivitas yang ada pada komputer terekan secara otomatis dan disimpan didalam registry. Registry sendiri merupakan inti dari sistem operasi windows atau seperti halnya kernel pada sistem operasi linux. Jika kita melakukan perubahan pada komputer, apakah penamabahan perangkat keras atau mengintall aplikasi baru maka registry akan secara otomatis menyimpannya.

Struktur Registry pada Komputer (Windows)
Registry merupakan pusat database pada sistem opersi windows, sehingga pada registry berisi informasi konfigurasi komputer tersebut. Kunci utama registry biasa disebut dengan Hive, Keys, Subkeys dan Value.

Hive adalah struktur utama dalam percabangan registry windows, masing-masing hive berisikan kategory tertentu.  Hive tergantung juga dari versi Windows yang digunakan ada 5 sampai dengan 6 hive yang berbeda. 6 Hive yang mungkin ada pada sistem operasi Windows.

HKEY_CURRENT_USER (HKCU)
Hive ini berisikan preferensi dan konfigurasi untuk user tertentu saat melakukan login.  Jika user lain login dan membuka hive, maka isinya akan berbeda dengan konfigurasi yang ia lakukan.

HKEY_LOCAL_MACHINE (HKLM)
Hive ini berisi konfigurasi untuk komputer yang sebenarnya, informasi yang terdapat pada hive ini sama untuk semua user dalam satu komputer.

HKEY_CLASSES_ROOT (HKCR)
Hive ini berisi informasi tentang inti dari user interface sepesrti file associations dan shortcut

HKEY_USERS (HKU)
Hive ini berisi tentang informasi user untuk semua user yang pernah login ke komputer.

HKEY_CURRENT_CONFIG (HKCC)
Hive ini berisi tentang informasi tentang konfigurasi hardware saat ini yang terpasang pada komputer. hive ini terhubung dengan HKLM

Untuk dapat mengakses Registry pada windows anda bisa masuk ke munu RUN atau dengan menekan Tombol Windows + R, selanjutnya ketikkan regedit. Harus berhati-hati jika melakukan perubahan pada regedit, lakukan back up komputer terlebih dahulu untuk amannya.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

  1. masih banyak yang harus dipelajari pada sistem operai windows, khususnya pada Registry ini. banyak rahasia didalamnya. terima kasih artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama, semoga tutorial komputer tentang Pengertian dan Fungsi Registry pada Komputer (Windows) - Regedit dapat bermanfaat

      Delete

Google+ Followers