Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer

Pada protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) didalam pemodelan layernya menggunakan sejumlah protokol yang berbeda-beda pada setiap bagian-bagian dari layer, maka akan terjadi 2 buah proses yang dinamakan Multiplexing dan Demultiplexing.

Apa yang dimaksud dengan Multiplexing dan Demultiplexing?
Untuk lebih jelas mengenai Multiplexing dan Demultiplexing, kita simak penjelasan berikut:

  • Multiplexing merupakan sebuah proses dimana protokol pada sebuah layer dapat melakukan proses encapsulation terhadap paket data dari beberapa buah protokol dilayer atas secara bersamaan dalam satu waktu.
  • Demultiplexing merupakan sebuah proses dimanaprotokol melakukan proses pembukaan bungkusan (decapsulation) mengantarkan paket ke beberapa buah protokol di layer atas.

Multiplexing dan Demultiplexing dilakukan oleh komputer pengirim(Source) dan komputer tujuan (destination).

Proses Encapsultion (pembungkusan) dan Decapsulation (pembukaan pembungkusan) juga terdapat disetap layer pada pemodelan layer dijaringan komputer baik layer model OSI maupun layer model TCP/IP.

Mengingat bahwa Aplication Layer berada di posisi teratas pada susunan layer dijaringan komputer maka Multiplexing dan Demultiplexing tidak terjadi pada Aplication Layer. hal ini disebabkan karena Aplication layer tidak menyediakan layanan (service) apapun kepada layer - layer lainnya. Sehingga yang dilakukan oleh Aplication layer hanyalahencapsulation dan decapsulation. hal ini terntu berbeda pada layer-layer yang lain pada jaringan, Misalnya pada Transport Layer proses multiplexing dan demultiplexing hanya dilakukan dengan cara membawa paket yang berasal dari protokol-protokol pada aplication layer (misal HTTP, FTP, dan lain-lain) yang memerlukan layanan dari protokol pada layer Transport.
Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer Reviewed by Mujiono on 7:32 PM Rating: 5

2 comments:

  1. Apa yang dimaksud dengan Multiplexing dan Demultiplexing? artikel ini akan menjawab dari semua pertanyaan yang ada. terima kasih gan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan, semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer dapat bermanfaat

      Delete

Powered by Blogger.