Home | Tutorial Komputer | Tutorial Jaringan Komputer | Tutorial Blog | Tips dan Trik | SiteMap Blog | Twitter | Google Plus | Facebook | Privacy Policy

Pengertian Protokol Layering pada jaringan Komputer

Protokol Layering adalah bentuk keterkaitan antar protokol yang saling terhubung dan saling ketergantungan satu sama lain saatterjadi komunikasi yang kompleks didalam jaringan komputer.

Protokol Layering juga dapat diartikan sebagai sebuah teknik umum dalam jaringan komputer untuk menyederhanakan desain jaringan komputer, dengan cara melakukan pembagian ke dalam beberapa buah lapisan (layer) dimana untuk setiap layer tersebut diletakkan satu atau beberapa buah protokol sesuai dengan tugasnya masing-masing, Kesesama protokol ini saling terhubung dan saling membutuhkan satu sama lain (protokol Layering).

Setiap protokol menjalankan tugasnya masing-masing pada setiap lapisan dimana protokol tersebut ditempatkan. Terkadang protokol ini akan menghasilkan protokol lain yang lebih sederhana.

Pemodelan layer pada jaringan komputer terutama pada model OSI sangat banyak dipengaruhi oleh protokol layering ini. Mengingat bahwa pemodelan layer OSi dipengaruhi protokol layering, maka secara tidak langsung pemodelan layer TCP/IP versi umum maupun versi Forouzan juga dipengaruhi oleh desain dari protokol layering.

Protokol layering ini juga menunjukan pembagian setiap protokol untuk setiap layer didalam jaringan komputer. Pada pemodelan layer TCP/IP versi Forouzan dengan lima buah layer didalamnyasetiap protokol yang ada di layer tersebut dapat dibagi-bagi kembali menjadi unit-unit bagian terkecilnya yang menunjukkan spesifikasi tugas yang dilakukan oleh protokol tersebut.


Artikel Terkait :




TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar anda, agar saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas kunjungan anda. Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

2 comments:

  1. Layering juga dapat diartikan sebagai sebuah teknik umum dalam jaringan komputer... keren artikelnya gan ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan ,se semoga tutorial jaringan komputer tentang Pengertian Protokol Layering pada jaringan Komputer dapat bermanfaat

      Delete

Google+ Followers